Kompas.com - 13/05/2020, 15:40 WIB
Sekolah Pribadi Bandung telah mendistribusikan bantuan APD ke 2 Puskesmas, PMI, dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid19 di Kantor Kecamatan, serta paket sembako yang diberikan kepada keluarga terdampak pandemi. DOK. SEKOLAH PRIBADI BANDUNGSekolah Pribadi Bandung telah mendistribusikan bantuan APD ke 2 Puskesmas, PMI, dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid19 di Kantor Kecamatan, serta paket sembako yang diberikan kepada keluarga terdampak pandemi.

KOMPAS.com - Dalam Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas 2020, 2 Mei lalu, Mendikbud Nadiem Makarim secara khusus mengangkat tema "Belajar dari Covid-19". Dengan Covid-19 seluruh pemangku kepentingan belajar banyak hal baru dalam proses pembelajaran.

"(Melalui Covid-19) Guru, siswa, dan orangtua menyadari bahwa pendidikan bukan hanya hal yang dilakukan di sekolah. Pendidikan yang efektif membutuhkan kolaborasi efektif dari tiga pihak ini," jelas Mendikbud Nadiem.

Sejalan hal itu, selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Sekolah Pribadi Bandung melaksanakan kegiatan pendidikan secara holistik untuk memenuhi aspek akademik, pendidikan karakter, ekstrakurikuler, maupun community services.

Dari akademis ke pendidikan karakter

Meski terkesan mendadak dalam perubahan situasi pelayanan pembelajaran di sekolah menjadi daring, Sekolah Pribadi Bandung telah mempersiapkan Learning Management System (LMS) yang digawangi guru-guru berdedikasi yang relatif muda rentang usia 26 – 35 tahun.

Para guru muda ini hadir untuk berkarya memberikan terobosan yang sangat ramah dengan teknologi. LMS ini diberikan kepada siswa dengan konten modul, video pembelajaran, dan kuis, serta dilengkapi dengan pertemuan daring guru dan siswa secara berkala.

Baca juga: Di Pedalaman, Radio Diletakkan di Atap Sekolah agar Siswa Tak Ketinggalan Pelajaran

Jam pelajaran menjadi lebih singkat dan padat dikarenakan tidak adanya keterlibatan fisik di dalam ruan kelas, sehingga membuat guru dan siswa dituntut untuk mampu mengelola waktu dengan lebih efektif.

LMS juga mengintegrasikan berbagai aplikasi pembelajaran dari berbagai model. Sementara ujian online dilakukan melalui Aplikasi Edunav yang langsung bisa dipantau melalui kamera gadget atau laptop masing-masing siswa.

Edunav merupakan platform sistem informasi pendidikan Sekolah Pribadi Bandung bekerjasama dengan Eduversal Indonesia.

Dalam pemenuhan kegiatan bimbingan karakter, Sekolah Pribadi Bandung melakukan upaya dengan memberikan beberapa program yang berbasis guru wali kelas.

Di antaranya melakukan kegiatan literasi diskusi daring dan one on one meeting mingguan yang menggunakan platform aplikasi pertemuan daring. Kegiatan ini diharapkan untuk tetap menjaga kedekatan dengan siswa dan sekaligus menjadi saluran dialog serta motivasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X