Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Penting saat Kuliah dan Kerja lewat Video Conference

Kompas.com - 24/04/2020, 05:00 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Bagian Manajemen Lanskap, Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB University, Prof. Hadi Susilo Arifin mengatakan kebijakan Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah yang ramai digaungkan membuat aplikasi video conferencing banyak dipakai sebagai sarana tatap muka dari rumah.

Video conferencing biasanya digunakan untuk meeting/bekerja antara rekan kerja, kuliah online mahasiswa, pembelajaran siswa sekolah atau sekadar melepas kangen dengan teman.

"Dengan kondisi seperti ini, para pekerja, mahasiswa atau siswa sekolah harus menyelesaikan kewajiban kantor, belajar atau tugas ujian dari rumah termasuk mengadakan dan mengikuti rapat. Hal ini membutuhkan bantuan aplikasi video conference yang akan memudahkan mereka untuk mengikuti hal tersebut meskipun sedang di rumah masing-masing," katanya seperti dikutip dari laman IPB.

Baca juga: Panduan Aman untuk Peserta dan Admin Meeting Online via Zoom

Di era yang serba canggih ini, kita dapat memanfaatkan segala bentuk fasilitas yang dihasilkan oleh perkembangan teknologi dengan menggunakan smartphone ataupun laptop.

Beberapa aplikasi video conference dapat memudahkan untuk bekerja dan belajar dari rumah.

"Dengan menggunakan aplikasi video conference, kita dapat tersambung dengan beberapa orang dalam satu kali panggilan. Dengan video conference, mahasiswa tetap merasa diperhatikan dosen walaupun tidak berada di ruangan kelas. Mereka juga bisa berdiskusi dengan mahasiswa lainnya yang mengikuti kegiatan konferensi video tersebut," ujarnya.

Prof. Hadi memberikan tujuh tips penting saat mengikuti video conference. Berikut tujuh tipsnya.

  1. Menggunakan akun dengan nama asli lengkap
  2. Menggunakan profile picture/display picture dengan portrait diri asli (tidak menggunakan gambar binatang, pemandangan atau lainnya)
  3. Memakai busana yang sopan, sesuaikan dengan agenda forumnya (terutama busana atas yang akan tertangkap kamera)
  4. Mengatur posisi yang baik di depan layar komputer atau layar handphone, posisi duduk menghadap frontal ke layar/kamera
  5. Tidak melakukan aktivitas makan, minum, bicara dengan orang lain maupun dengan telepon yang tertangkap mic dan kamera
  6. Selalu matikan mode suara (mute) dan matikan mode video saat sedang tidak berbicara
  7. Pada saat diskusi, silakan mengacungkan tangan atau menulis di Chat Box untuk mendaftar bicara. Jika moderator meminta, baru unmute dan nyalakan mode videonya.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com