Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk 100 Besar World University Impact Rankings 2020

Kompas.com - 23/04/2020, 21:55 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

KOMPAS.com - Tiga Perguruan Tinggi Indonesia masuk ke dalam peringkat 100 Besar Dunia kategori perguruan tinggi dengan Dampak Luas bagi Sosial dan Ekonomi bangsa melalui aktivitas Penelitian, Pengajaran, dan Pengabdian Masyarakat.

Ketiga perguruan tinggi tersebut adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Institut Pertanian Bogor (IPB) University.

Pemeringkatan ini dilakukan oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi bergengsi Dunia Times Higher Education (THE) World University Impact Rankings 2020 yang melibatkan 766 universitas dari 85 negara di dunia.

Baca juga: UI Peringkat 47 Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Rankings 2020

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam mengatakan tiga perguruan tinggi Indonesia menorehkan prestasi sangat membanggakan karena masuk 100 besar dunia pada THE Impact Ranking yaitu UI peringkat 47, UGM peringkat 72 dan IPB University peringkat 77.

"Prestasi ini sangat membanggakan. Ini menunjukkan perguruan tinggi di Indonesia sangat berperan bagi pembangunan berkelanjutan, tidak hanya menjadi menara gading, namun menjadi menara air. Pengabdian perguruan tinggi Indonesia kepada masyarakat diakui dunia internasional," tutur Nizam dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com.

- -

Nizam menjelaskan pemeringkatan Impact Ranking yang dilakukan oleh THE dilakukan dengan mengukur dan melihat peran perguruan tinggi di dunia melalui 17 indikator Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals).

Nizam menambahkan selain tiga perguruan tinggi masuk top 100 besar dunia THE Impact Ranking, enam perguruan tinggi Indonesia juga berhasil menorehkan prestasi yang menggembirakan yaitu Unpad peringkat 101-200, UB peringkat 201-300, Unair peringkat 301- 400, ITB peringkat 301-400, Undip peringkat 301-400 dan ITS peringkat 401-600.

Baca juga: IPB Masuk 77 Besar Kampus Terbaik Dunia Versi THE Impact Ranking 2020

Nizam berharap prestasi ini menjadi pemacu semangat perguruan tinggi di Indonesia untuk semakin berkontribusi bagi pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Sejalan dengan tujuan SDGs, maka peran dan sumbangsih perguruan tinggi Indonesia selama pandemi Covid-19 ini diharapkan juga dapat ditingkatkan mulai dari pencegahan hingga penanganan Covid-19. (FH/YH)

World University Impact Ranking merupakan satu-satunya pemeringkatan yang menilai kinerja universitas berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs).

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com