Begini Cara Perancis Menjalankan "Lockdown"

Kompas.com - 23/04/2020, 15:45 WIB
Jalanan di tengah kota Reims yang terlihat sepi. Masih ada beberapa kendaraan yang lewat, namun jauh lebih sedikit dibanding sebelum lockdown. DOK. PPI PERANCISJalanan di tengah kota Reims yang terlihat sepi. Masih ada beberapa kendaraan yang lewat, namun jauh lebih sedikit dibanding sebelum lockdown.

Oleh: Ariq Dmitri Andrei, PPI Perancis

KOMPAS.com - Sejak tanggal 17 Maret 2020, tepat pukul 12.00 siang, Perancis secara resmi memberlakukan lockdown nasional. Lockdown ini berlangsung selama lima belas hari dan dapat diperpanjang jika kondisi memburuk.

Pada 27 Maret, Perdana Menteri Perancis, Edouard Philippe mengumumkan, lockdown akan diperpanjang sampai dengan 15 April.

Seperti apakah rasanya menjalani lockdown di Perancis? 

Berdasarkan pengalaman penulis, pergerakan warga di Perancis amatlah dibatasi, terutama pergerakan antar kota, transportasi umum darat, kereta antar kota, penerbangan internasional di Perancis dibatasi.

Banyak maskapai membatalkan penerbangannya. Bahkan, pada 31 Maret, Bandara Orly di Paris resmi ditutup untuk penerbangan komersial.

Namun, saat artikel ditulis, Bandara utama di Paris, Charles de Gaulle, masih beroperasi.

Para warga “terjebak” di kota masing-masing karena melakukan perjalanan ke luar Perancis cukup sulit, apalagi jika bukan memakai kendaraan pribadi.

Selain itu, berbagai negara tetangga Perancis seperti Jerman dan Spanyol juga sudah menutup perbatasannya. Hanya orang dengan alasan valid yang dapat bepergian.

Warga hanya boleh pergi keluar rumah jika mengantongi “Attestation de déplacement” (sertifikat bepergian). Sertifikat ini dapat diunduh di situs resmi Kementerian Dalam Negeri Perancis.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X