Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Kriteria Ekonomi Pendaftar KIP Kuliah 2024, Bisa Kuliah Gratis

KOMPAS.com - Calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang ingin kuliah sudah bisa mendaftar Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sejak 12 Februari 2024.

Program KIP Kuliah bertujuan untuk membantu siswa dengan komitmen belajar tinggi dan ingin melanjutkan kuliah namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Bagi calon peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024 yang ingin ikut program KIP Kulian, disarankan untuk melakukan pendaftaran KIP Kuliah terlebih dahulu.

Tidak hanya SNBP, KIP Kuliah juga terbuka bagi siswa yang ingin masuk perguruan Tinggi Negeri (PTN) via jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) atau jalur mandiri.

Karena ditujukan bagi siswa dengan keterbatasan ekonomi, maka pemerintah memiliki kriteria khusus kondisi ekonomi pelamar KIP Kuliah. Berikut persyaratan ekonomi bagi pelamar KIP Kuliah 2024:

Persyaratan ekonomi KIP Kuliah 2024

1. Mahasiswa pemegang atau pemilik KIP Pendidikan Menengah.

2. Mahasiswa dari keluarga yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh kementerian yang menangani urusan pemerintahan di bidang sosial seperti:

3. Masuk dalam kelompok masyarakat miskin/rentan miskin maksimal pada desil tiga Data Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (PPKE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

4. Mahasiswa dari panti sosial/panti asuhan.

5. Jika calon penerima tidak memenuhi salah satu dari empat kriteria di atas, maka dapat tetap mendaftar untuk mendapatkan KIP Kuliah Merdeka selama memenuhi persyaratan miskin/rentan miskin sesuai dengan ketentuan, yang dibuktikan dengan:

Demikian kriteria ekonomi yang harus dipenuhi pendaftar KIP Kuliah 2024. Jika dinyatakan lolos jadi mahasiswa penerima KIP Kuliah 2024, kamu bisa merasakan kuliah gratis sampai lulus dan mendapatkan bantuan biaya hidup juga.

https://www.kompas.com/edu/read/2024/02/16/080200771/cek-kriteria-ekonomi-pendaftar-kip-kuliah-2024-bisa-kuliah-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke