Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Uang Pangkal Kuliah Kedokteran di ITS dan IPB, Baru Dibuka Tahun 2023

KOMPAS.com - Dalam penerimaan mahasiswa baru 2023/2024, ada beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) yang baru saja membuka Program Studi Kedokteran atau Pendidikan Dokter.

Dua PTN yang tahun 2023 membuka Prodi Kedokteran adalah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Penerimaan mahasiswa baru Prodi Kedokteran di ITS Surabaya maupun di IPB pada tahun ini baru dibuka untuk jalur mandiri.

Sehingga saat mendaftar, calon mahasiswa juga harus mempersiapkan biaya kuliah berupa uang pangkal yang dibayarkan satu kali saat masuk serta Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang dibayar per semester.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, daya tampung S1 Kedokteran ITS hanya 50 mahasiswa saja. Berikut syarat untuk mendaftar S1 Kedokteran ITS:

  • Lulusan SMA/MA/sederajat tahun 2021, 2022 atau 2023.
  • Sehat jasmani dan rohani.

Penilaian untuk mendaftar jurusan S1 Kedokteran ITS terdiri dari:

Calon mahasiswa yang diterima melalui Seleksi Mandiri Umum ITS 2023 dikenakan biaya pendidikan berupa:

1. Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), yang dibayarkan setiap awal semester sebelum perkuliahan.

Besaran biaya ditentukan ITS dalam satu kategori (khusus program studi Kedokteran) dengan mempertimbangkan kemampuan orangtua melalui prosedur pelaporan saat daftar ulang.

2. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), yang dibayarkan penuh sekali selama terdaftar sebagai mahasiswa yaitu pada saat daftar ulang.

3. Sumbangan Pengembangan Akademik (SPA), yang dibayarkan tiap semester bersamaan dengan pembayaran SPP mulai semester 2 sampai semester 6. Namun khusus Seleksi Mandiri Umum Kedokteran tahun 2023 tidak dikenakan SPA.

Uang pangkal kuliah Kedokteran di ITS dan IPB

Calon mahasiswa yang diterima di S1 Kedokteran ITS wajib membayar uang pangkal atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) minimal Rp 150 juta yang dibayar penuh saat daftar ulang.

Calon mahasiswa yang diterima di S1 Kedokteran ITS tidak akan dikenakan komponen biaya SPA. Hanya SPP yang dibayar per semester sebesar Rp 20 juta.

Untuk informasi lengkap mengenai pendaftaran S1 Kedokteran ITS bisa dibaca di laman its.ac.id/admission. Sedangkan pendaftaran bisa dilakukan di laman admission.its.ac.id.

Sedangkan biaya kuliah Prodi S1 Dokter di IPB terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan uang pangkal atau disebut dengan istilah Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF).

Besaran UKT program Sarjana di IPB untuk semua jalur masuk SNBP, SNBT dan Mandiri tahun angkatan 2023 (diluar Kelas Internasional) sesuai dengan Keputusan Rektor Institut Pertanian Bogor Nomor 81 Tahun 2023 dan Nomor 292 Tahun 2023 (Fakultas Kedokteran).

Sesuai dengan peraturan di tingkat nasional, diberlakukan aturan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT).

UKT adalah bentuk Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) yang merupakan kontribusi orangtua mahasiswa atas penyelenggaraan pendidikan di IPB yang besarnya ditentukan dengan mempertimbangkan kondisi sosial-ekonomi mahasiswa yang bersangkutan dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) tiap program studi.

Besaran UKT nilainya tetap sampai mahasiswa yang bersangkutan lulus dari IPB. Untuk jalur SM IPB tahun angkatan 2023 dikenakan Biaya Pengembangan Institusi dan Fasilitas (BPIF).

BPIF dibayarkan hanya satu kali pada saat registrasi sebagai mahasiswa baru IPB. Besaran BPIF sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Nomor 143. Berikut besaran uang pangkal Prodi Dokter di IPB.

Untuk UKT Prodi S1 Dokter IPB dari golongan I, golongan II, golongan III, golongan IV, golongan V besarannya sama yakni Rp 20 juta. Sedangkan uang pangkal atau BPIF paling sedikit untuk S1 Dokter di IPB sebesar Rp 150 juta.

Calon mahasiswa yang tertarik mendaftar di S1 Dokter IPB, berikut syarat yang harus dipenuhi:

Demikian informasi mengenai uang pangkal  kuliah Kedokteran di ITS Surabaya dan IPB yang perlu diketahui calon mahasiswa. Bisa disimpulkan bahwa uang pangkal kuliah Kedokteran di ITS Surabaya minimal Rp 150 juta dan ada biaya lain berupa SPP per semester. 

Sedangkan uang pangkal kuliah Kedokteran di IPB paling sedikit sebesar Rp 150 juta dan ada biaya lain berupa UKT.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/11/09/070540071/uang-pangkal-kuliah-kedokteran-di-its-dan-ipb-baru-dibuka-tahun-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke