Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bangkitkan Rasa Percaya Diri Anak Difabel, YBKB Luncurkan Program "Smile"

KOMPAS.com - Yayasan Bangun Kecerdasan Bangsa (YBKB) mengadakan kegiatan "Smile" (Semua Miliki Kelebihan) di Yayasan Disabilitas Kreatif Indonesia (YDKI), Cakung, Jakarta Timur (30/9/2023).

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan mempererat kepedulian adik yatim binaan terhadap anak-anak difabel dan meningkatkan rasa percaya diri mereka.

“Kami percaya bahwa setiap anak memiliki keunikan dan potensinya masing-masing," ujar Dirut Lembaga Amil Zakat Bangun Kecerdasan Bangsa (LAZ BKB) Heris Bhimocahyoadhi melalui rilis resmi (1/10/2023).

"Dengan 'Smile', kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa anak-anak difabel juga memiliki kelebihan yang patut untuk dihargai. Semoga kegiatan ini menjadi awal dari banyak interaksi yang membangun kepercayaan diri dan mempererat tali kebersamaan di antara mereka,” harapnya.

Dengan tagline “Bangunkan Jiwa, Cerdaskan Bangsa”, YBKB berkomitmen untuk menciptakan masyarakat yang cerdas dan peduli.

Melalui kegiatan SMILE, YBKB mengajak 50 anak yatim binaan untuk berbagi senyum dan santunan kepada 100 teman-teman difabel di Yayasan Disabilitas Kreatif Indonesia.

Harapannya, kegiatan ini tidak hanya memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas, tetapi juga menjadi sarana untuk menambah wawasan dan kreativitas bagi adik-adik yatim binaan dan adik-adik difabel.

Sebagai informasi, data Kemenko PMK pada Juni 2022 menunjukkan, ada 2.197.833 anak penyandang disabilitas pada rentang usia 5-19 tahun di Indonesia.

Dalam kesempatan sama, Ketua YDKI Osmiyati Afarindra N mengapresiasi langkah yang diambil YBKB melalui program "Smile".

"Adanya kegiatan ini bukan hanya membantu secara materi, namun lebih dari itu, menumbuhkan rasa percaya diri dan keterlibatan sosial bagi anak-anak difabel kita," ujar Osmiyati.

Konsep diri negatif menjadi salah satu masalah utama yang sering luput dari perhatian. Stigma negatif masyarakat terhadap penyandang disabilitas dinilai masih sangat kental.

Padahal banyak contoh inspiratif dari penyandang disabilitas yang telah meraih prestasi tinggi, seperti handry Satriago (CEO termuda General Electric Indonesia), Surya Sahetapy (Dosen di Rochester Institute of Technology New York) dan penyanyi Putri Ariani.

"Semoga kegiatan semacam ini menjadi inspirasi bagi banyak pihak untuk terus mendukung keberagaman dan inklusivitas di Indonesia," ujar Osmiyati menutup penjelasan.

https://www.kompas.com/edu/read/2023/10/01/164735071/bangkitkan-rasa-percaya-diri-anak-difabel-ybkb-luncurkan-program-smile

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke