Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingin Lebih Lancar Bahasa Inggris? Ikuti Webinar TBI x Kompas.com Hari Ini

KOMPAS.com - Istilah bahasa anak Jakarta Selatan atau akrab disebut bahasa gaul anak Jaksel menjadi amat populer di kalangan generasi muda.

Gaya komunikasi yang memadukan antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris tersebut bahkan tidak lagi terbatas di pergaulan ibu kota saja namun semakin menjamur ke beberapa kota lain.

Fenomena ini menjadi sebuah representasi budaya atau culture yang kemudian viral sampai di media digital dengan berbagai macam materi dengan ide–ide kreatif yang dapat memoles kepercayaan diri generasi milenial dalam berekspresi.

Pencampuran multi bahasa antara bahasa Inggris dan Indonesia mulai hits di kalangan anak muda dengan sebutan bahasa ala anak Jaksel.

Namun, apakah tren ini memicu anak muda untuk menggunakan dua bahasa sekaligus secara aktif atau justru sebaliknya, dapat melunturkan karakter bahasa lokal maupun bahasa asing?

Belajar bahasa Inggris memang bisa dibilang gampang–gampang susah. Namun, hal ini bisa diukur dari seberapa sering belajar mendengar, mempelajari kosakata dan mengucapkan lafal kalimat, pilar tersebut merupakan hal penting sebagai bagian dari proses pembelajaran bahasa Inggris.

Menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik dan benar sesuai dengan konteks dan kaidah bahasa dianjurkan untuk dapat menyesuaikan dengan tempat, kondisi serta situasi yang tepat.

Tren bahasa gaul anak Jaksel adalah bahasa yang tidak resmi dan hanya dapat digunakan untuk komunikasi seseruan bersama teman sepergaulan dan tidak mengacak konteks bahasa Inggris dan bahasa Indonesia itu sendiri.

“Vocabulary Ala Anak Jaksel: Adopsi Frasa Bahasa Inggris Dengan Tepat” menjadi pilihan topik English Day persembahan The British Institute (TBI) x Kompas.com hari ini, Kamis (25/8/2022), yang dikemas dalam sebuah webinar interaktif sebagai bagian dari ruang diskusi anak–anak muda.

Webinat akan dibawakan oleh pengajar TBI yang profesional dan produktif dalam memancing peserta untuk aktif bertanya dan berekspresi sesuai dengan topik yang akan dibawakan.

TBI x Kompas.com English Day merupakan sebuah portal tempat berkumpulnya anak–anak muda Indonesia untuk saling berinteraksi dan tetap produktif di sela-sela kesibukan.
Waktu, ruang dan jarak diharapkan tidak lagi menjadi hambatan dalam memperluas ilmu pengetahuan akan bahasa Inggris.

Bergabung di komunitas English Day secara daring seperti ini akan sangat membantu dalam menemukan sesama English learners yang mempunyai tujuan yang sama sehingga bisa belajar bahasa Inggris tanpa merasa tidak percaya diri.

“Boleh saja mengikuti tren, tapi jangan lupa untuk tetap smart dalam berkomunikasi. Utamakan bahasa Indonesia, namun kuasai bahasa Inggris.Berikan ruang bagi diri sendiri untuk berkembang ke arah yang lebih baik agar output yang dihasilkan juga dapat menaikkan standar kompetensi diri," ujar Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI.

Untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran karakter bahasa, peran sebuah edukasi sangat penting baik secara langsung maupun media sosial.

Sehingga, anak–anak muda tahu kapan boleh berbahasa gaul, kapan harus berbahasa Indonesia, dan kapan harus berbahasa asing khususnya bahasa Inggris yang akurat.

Tertarik untuk belajar bahasa Inggris sambil networking? Yuk daftar segera, pendaftarannya terbuka untuk umum.

Link Registrasi dengan klik https://bit.ly/KOMPASCOMTBIEnglishDay-Agustus 

https://www.kompas.com/edu/read/2022/08/25/101039171/ingin-lebih-lancar-bahasa-inggris-ikuti-webinar-tbi-x-kompascom-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke