Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?


Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Menjalankan dua peran penting sebagai mahasiswa dan pekerja secara bersamaan tentu tidak mudah. Padatnya aktivitas tak jarang membuat kita harus melaksanakan tugas secara bersamaan. Maka dari itu, kita perlu menyiasatinya dengan baik.

Percaya atau tidak, banyak orang yang sukses menjalankan dua peran penting tersebut. Mereka juga punya kehidupan sosial hingga keluarga yang sama baiknya. Lalu, bagaimana cara mereka melakukan keduanya secara bersamaan?

Melalui siniar Smart Inspiration edisi Career bertajuk “Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?”, dijelaskan bahwa kita harus terus menggali potensi yang ada dalam diri meskipun harus ada pengorbanan lebih. Namun hal ini bisa diatasi asalkan kita bisa mengetahui cara yang tepat.

Keputusan untuk tetap kuliah sambil bekerja memang terdengar melelahkan karena kita harus pintar membagi waktu agar tidak ada tugas dan tanggung jawab yang terabaikan. Jika berani mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja, kita adalah orang yang hebat!

Beberapa perusahaan tak jarang punya kebijakan yang mengharuskan karyawannya untuk lanjut kuliah di jenjang yang lebih tinggi. Itulah mengapa banyak perusahaan yang akhirnya memberikan beasiswa pada karyawan dengan etos kerja yang bagus.

Agar bisa memanfaatkan peluang keduanya dengan baik, kita perlu memiliki cara untuk mengaturnya. Melansir Cornerstone University, berikut tips agar bisa menjalankan kedua peran penting ini dengan baik.

1. Fokus pada Tujuan

Sejatinya ini bukanlah metode, melainkan pengingat. Saat terlalu keras belajar dan bekerja, segalanya seakan menjadi ‘gila’. Kita akan merasa kewalahan dan bertanya-tanya, “Mengapa aku harus melakukannya secara bersamaan?”

Jika hal ini muncul, kita harus mengingat kembali tujuan akhir yang telah disusun. Misalnya, ingatlah ada kebutuhan finansial yang harus dicukupi karena ingin tetap menghidupi keluarga sambil mendapatkan gelar untuk promosi jabatan yang lebih tinggi.

2. Maksimalkan Tiap Waktu yang Ada

Kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal berguna. Misalnya, setelah istirahat makan siang, kita bisa memanfaatkan waktu itu untuk mengulang kembali pelajaran.

Kita juga bisa memutar video di YouTube untuk materi pelajaran yang belum dipahami. Selain itu, kita juga perlu mengalokasikan waktu untuk beristirahat agar hidup tetap seimbang..

3. Buat Rencana

Untuk menghindari stres berlebihan sebelum ujian, rencanakan hari-hari untuk belajar. Jika memungkinkan, ambil cuti kerja untuk mempelajari semua materi yang akan dibahas dalam ujian. Jika tidak bisa mengambil cuti, gunakalah hari Sabtu untuk belajar.

Ambilah setidaknya satu hari untuk belajar sebelum ujian. Niscaya ini akan menurunkan tingkat stres serta membuat kita lebih percaya diri untuk mencapai keberhasilan.

4. Jaga Hubungan Baik dengan Manajer

Menjaga hubungan dengan atasan adalah hal penting. Kita harus sering berkomunikasi jika ada kendala di pekerjaan dan kuliah. Misalnya, seperti kendala waktu belajar.

Jangan takut karena mayoritas dari mereka akan mendukung upaya kita. Asalkan, kita mau terbuka dengan masalah yang ada.

5. Pertimbangkan Mengambil Kursus Daring

Kursus daring dapat ideal untuk seseorang yang sedang kuliah dan bekerja. Kita jadi tidak perlu bolak-balik bertanya ke dosen karena bisa menonton materi yang diajarkan.

Selain itu, waktunya pun lebih fleksibel sehingga dapat membuatnya lebih mudah untuk menyeimbangkan pekerjaan dan kuliah.

Dorongan untuk kuliah sambil bekerja bisa datang dari mana saja. Perusahaan biasanya akan memberi kesempatan untuk karyawannya menempuh pendidikan tinggi dengan perjanjian kalau ia harus mengabdi kembali jika sudah dinyatakan lulus.

Sadari bahwa kesempatan itu hanya sekali dan tidak dimiliki oleh semua orang. Pertimbangkan lagi jika tawaran tersebut datang dari perusahaanmu. Terus jaga komitmen agar apa yang sudah dikerjakan mampu dipertahankan hingga kata lulus terpampang di ijazahmu.

Dengarkan siniar Smart Inspiration bertajuk “Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?” yang bisa diakses melalui tautan berikut https://dik.si/smart_kuliah. Ikuti juga siniarnya, agar kamu tetap terinfo setiap ada episode terbaru tiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis.

https://www.kompas.com/edu/read/2022/06/06/090119771/kuliah-sambil-kerja-apakah-bisa-seimbang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke