Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jadi Tuan Rumah LPTK Cup X 2021, UNJ Ajak LPTK Kawal Desain Besar Olahraga Nasional

KOMPAS.com - Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menjadi penyelenggara LPTK Cup X Tahun 2021. Gelaran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Cup yang diselenggarakan dua tahun sekali, dahulu bernama Sudjiran Cup.

Setelah 10 kali bergulir, Sudjiran Cupberganti nama menjadi LPTK Cup.

Pada tahun 2021, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2-5 Desember 2021 di Kampus UNJ. Kegiatan LPTK CUP X dilaksanakan dengan menerapkap protokol kesehatan ketat di mana setiap peserta dan penonton wajib melakukan swab dan mematuhi protokol kesehatan.

“Selamat datang kepada seluruh kontingen yang telah jauh–jauh datang dari universitas masing-masing dan selamat bergabung pada event LPTK Cup UNJ X 2021 di UNJ, dan selamat bertanding," ujar Johansyah Lubis, Dekan FIK UNJ.

Johansyah Lubis  menyampaikan, dalam LPTK Cup UNJ X terdapat 12 nomor pertandingan dan diikuti 395 atlet dan 157 official dari 14 perguruan tinggi LPTK se-Indonesia untuk memperebutkan 36 medali.

Selain kegiatan pertandingan olahraga, pada LPTK Cup X UNJ 2021 turut juga diselenggarakan seminar keolahragaan dan pameran produk inovasi keolahragaan dari 14 LPTK se-Indonesia.

Membangun sinergi LPTK

Dalam kesempatan sama, Rektor UNJ Prof. Komarudin mengatakan, berangkat dari semangat pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga nasional, maka peran LPTK sangat sentral dalam mengawal dan mensukseskan desain besar olahraga nasional.

"Kami siap Pak Menpora untuk mendukung desain besar olahraga nasional dan yang paling dekat untuk menyukseskan untuk Olimpiade 2024, Insya Allah kami siap mendukung itu," tegas Prof. Komarudin.

Prof. Komarudin menambahkan, dengan terbitnya Peraturan Presiden 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional merupakan momen penting khususnya bagi perguruan tinggi LPTK untuk meningkatkan kapasitas sinergitas dan produktivitas olahraga yang dapat meraih prestasi nasional dengan keunggulan sarana dan prasarana yang dimiliki LPTK.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali dalam sambutannya memberikan ucapan selamat kepada UNJ sebagai tuan rumah.

Pada LPTK Cup X 2021 ini, para peserta akan memperebutkan piala bergilir Kemenpora untuk yang berhasil meraih Juara Umum nantinya. "Untuk itu para atlet yang dimohon dengan sungguh-sungguh dalam pertandingan LPTK Cup ini," ujar Zainudin Amali.

Rincian kegiatan LPTK CUP X yang digelar selama 4 hari ini diantaranya, pada tanggal 2 Desember 2021 diadakan gala dinner pembukaan LPTK Cup X yang bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat.

Sementara itu untuk pertandingannya digelar pada tanggal 3-5 Desember 2021 sekaligus pada malam harinya dilaksanakan gala dinner penutupan. Untuk olahraga yang diperlombakan di LPTK CUP X ini meliputi golf, bulu tangkis, tenis, dan petanque.

Beberapa LPTK Negeri yang turut memeriahkan LPTK Cup X di antaranya Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Negeri Makassar, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Manado, Universitas Negeri Medan, dan Universitas Negeri Padang.

Turut pula berpartisipasi; Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Pendidikan Ganesha, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Cenderawasih, dan Universitas Sebelas Maret.

Adapun tujuan penyelenggaraan LPTK Cup X diantaranya

  • Memupuk dan meningkatkan persatuan, kebersamaan, persahabatan serta silaturahmi antar LPTK se-Indonesia;
  • Meningkatkan motivasi persaingan prestasi olahraga antar LPTK se-Indonesia;
  • Menyediakan wahana pertandingan antar sivitas akademika dalam lingkup LPTK se-Indonesia yang dibina di perguruan tinggi masing-masing; dan
  • Mengembangkan kreativitas dan inovasi terbaru di dunia keolahragaan melalui pertemuan ilmiah.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/12/03/200207371/jadi-tuan-rumah-lptk-cup-x-2021-unj-ajak-lptk-kawal-desain-besar-olahraga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke