Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Binus Masuk 8 Kampus Terbaik yang Lulusannya Cepat Dapat Kerja

KOMPAS.com - Salah satu lembaga pemeringkatan perguruan tinggi dunia Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis hasil pemeringkatan terbaru pada September 2021.

Sejumlah perguruan tinggi di Indonesia berhasil masuk dalam pemeringkatan ini dan menjadi perguruan tinggi terbaik khususnya dalam hal lulusan yang cepat mendapat pekerjaan.

Tak hanya perguruan tinggi nasional (PTN) yang berhasil lolos pemeringkatan ini. Dalam kategori Graduate Employability Rankings 2022 Quacquarelli Symonds (QS), Universitas Bina Nusantara (Binus) menjadi perguruan tinggi swasta yang masuk dalam kategori tersebut.

Pemeringkatan ini dilakukan terhadap 786 institusi pendidikan dari seluruh dunia. Binus menduduki posisi ke-7 di Indonesia dan posisi 501+ dunia.

Quacquarelli Symonds (QS) Graduate Employability Rankings 2022 menggunakan 5 indikator kinerja dalam melakukan perhitungan pemeringkatan ini. Indikator tersebut yakni:

1. Employer Reputation (30 persen)

2. Alumni Outcomes (25 persen)

3. Partnership with Employers (25 persen)

4. Employer – Student Connections (10 persen)

5. Graduate Employment Rate (10 persen).

"Syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan pemerintah, masyarakat, khususnya partner industry, serta kerja keras para Binusian sehingga Binus University dapat terus menghasilkan lulusan terbaik yang dapat berkontibusi positif bagi nusantara" kata Rektor Binus Prof. Harjanto Prabowo seperti dikutip dari situs resmi Binus, Senin (27/9/2021).

Pemeringkatan QS Graduate Employability Rankings 2022 ini menunjukkan kecepatan dan kemudahan bagi lulusan Binus University dalam mendapatkan pekerjaan dalam jangka waktu 12 bulan setelah kelulusan.

Selain itu, pemeringkatan ini juga menunjukkan reputasi serta kedekatan Binus dengan partner industry dalam hal penyerapan lulusan.

"Hal ini dapat menjadi salah satu pertimbangan yang digunakan calon mahasiswa baru dan orangtua dalam memilih perguruan tinggi," tandas Rektor.

Selain Binus University, beberapa perguruan tinggi yang masuk dalam kategori ini.

Urutan peringkat kampus di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) kategori Graduate Employability Rankings 2022 adalah:

1. Universitas Diponegoro (Undip).

2. Universitas Indonesia (UI).

3. Universitas Airlangga (Unair).

4. Institut Teknologi Bandung (ITB).

5. Universitas Gadjah Mada (UGM).

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

7. Universitas Bina Nusantara (Binus University).

8. Universitas Brawijaya (UB).

https://www.kompas.com/edu/read/2021/09/27/172646571/binus-masuk-8-kampus-terbaik-yang-lulusannya-cepat-dapat-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke