Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Yuk Intip 5 Inovasi Teknologi Karya Anak Bangsa

KOMPAS.com - Seiring kemajuan zaman, teknologi tentu semakin berkembang. Banyak inovasi yang dilakukan dunia terkait dunia teknologi.

Bahkan di dalam negeri, anak bangsa juga banyak melakukan inovasi menarik. Teknologi yang berkembang memicu semangat masyarakat Indonesia untuk berlomba-lomba melakukan inovasi.

Ada beragam inovasi anak bangsa yang telah diakui dunia. Apa saja inovasi karya anak bangsa itu?

Melansir laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Kamis (19/8/2021), berikut deretan inovasi teknologi karya anak bangsa Indonesia yang telah diakui dunia.

1. Sepeda motor listrik

Berdasarkan data survei, Indonesia adalah negara dengan sepeda motor terbanyak. Hal ini juga menyebabkan polusi udara menjadi tinggi.

Itulah yang menjadi dasar mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan sepeda motor listrik.

2. Lampu abadi

Lampu menjadi sumber pencahayaan utama, namun seringkali menghabiskan daya listrik. Untuk mengatasi persoalan ini, Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil menciptakan lampu abadi.

Lampu ini diciptakan dengan memanfaatkan bakteri khusus yang dapat memancarkan cahaya. Tentunya lampu abadi ini hemat listrik.

3. Kulkas anti freon

Tak hanya mahasiswa, inovasi teknologi juga diciptakan oleh murid di sekolah dasar (SD). Salah satu inovasi tersebut adalah kulkas anti freon.

Lemari pendingin ini diciptakan tanpa listrik dan bahan yang digunakan pun sangat sederhana. Beberapa bahan di antaranya adalah styrofoam, air dingin, dan pasir.

Cara menggunakannya pun mudah, yaitu dengan menempatkan bahan yang akan didinginkan ke dalam wadah kaleng. Setelah itu, letakkan di styrofoam dan isi kotak styrofoam dengan pasir serta air dingin.

4. Polisi tidur untuk pembangkit listrik (POTRET)

Ada yang menarik inovasi karya anak bangsa ini, yakni membuat inovasi polisi tidur untuk pembangkit listrik (POTRET) yang diciptakan oleh mahasiswa Teknik Elektro Universitas Brawijaya (UB).

Teknologi ini memanfaatkan polisi tidur yang banyak terdapat di Indonesia. Teknologi karya anak bangsa ini punya mekanika pegas yang dapat memompa saat dilewati kendaraan. Cara kerjanya mirip dengan generator yang dapat mengubah energi panas menjadi listrik.

5. Rompi terapi kanker

Kanker adalah salah satu penyebab kematian utama, terutama di Indonesia. Pria Indonesia, Warsito Taruno, telah berhasil menciptakan gagasan rompi terapi kanker.

Riset yang dilakukannya juga dibantu oleh negara Jepang. Berdasarkan hasil tes di Jepang, rompi ini ampuh sebagai terapi kanker.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/08/22/084709471/yuk-intip-5-inovasi-teknologi-karya-anak-bangsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke