Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Teknik Informatika, Prodi Favorit dan Terketat di SNMPTN 2020

KOMPAS.com - Memilih jurusan atau program studi (prodi) di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 maupun Seleksi Nasional Masuk PTN (SBMPTN) 2021 perlu dilakukan dengan pertimbangan matang.

Pasalnya, bila kamu akhirnya diterima untuk kuliah di prodi tersebut, maka kamu akan menjalani perkuliahan yang tak sebentar, mempelajari semua bidang studi, bahkan arah karier pun sangat dipengaruhi oleh jurusan yang kamu ambil.

Untuk itu, mempertimbangkan berbagai macam prodi termasuk mata kuliah yang disajikan hingga prospek karier perlu dilakukan.

Nah, bagi kamu siswa jurusan IPA, ada satu prodi yang bisa kamu pertimbangkan untuk dipilih di seleksi masuk PTN nanti, yaitu Teknik Informatika.

Di ranah Sains dan Teknologi (Saintek), Teknik Informatika menjadi prodi populer pilihan siswa SNMPTN 2020, berada di peringkat peringkat 20 besar prodi dengan keketatan paling tinggi.

Apa saja yang dipelajari dan bagaimana prospek kariernya?

Mengenal jurusan Teknik Informatika

Teknologi akan terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Itulah mengapa, lulusan dari jurusan ini memiliki keterampilan yang terus dibutuhkan perusahaan untuk melakukan coding, memproses dan menganalisis data, yang tersedia di sektor industri.

Bicara soal jurusan Teknik Informatika, melansir Rencanamu.id, bila memilih jurusan ini kamu akan mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer.

Jurusan ini juga akan mengasah keterampilan kamu dalam menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, dan menciptakan instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemrograman untuk mengajarkan komputer apa saja yang harus dilakukan.

Sebagai gambaran, berikut beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari bila berkuliah di jurusan Teknik Informatika:

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika

Menurut Bureau of Labor and Statistic (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12 persen, di atas rata-rata bidang profesi pada umumnya.

Lulusan Teknik Informatika bisa bekerja di hampir semua lembaga mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN, hingga start-up dan software house sendiri.

Berikut sejumlah profesi yang dapat digeluti lulusan Teknik Informatika:

https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/18/102944271/mengenal-teknik-informatika-prodi-favorit-dan-terketat-di-snmptn-2020

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke