Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Semua Guru Honorer Madrasah Telah Terima Subsidi Gaji

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) mengaku program bantuan subsidi upah (BSU) atau subsidi gaji untuk guru honorer madrasah sudah terserap seluruhnya.

Demikian disampaikan oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag, M Zain, melansir laman Kemenag, Jumat (1/1/2021).

"Per 30 desember 2020, saldo bank penyalur sudah Rp 0. Itu berarti 100 persen subsidi gaji guru honorer madrasah sudah terserap dan terkirim semua," ungkap Zain.

Menurut Zain, dengan sudah banyaknya terserap subsidi gaji oleh guru honorer madrasah, maka hal ini merupakan prestasi yang baik dari Kemenag.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas kerjasama semua pihak yang telah mengawal program ini. Sehingga tersalurkan dan tepat sasaran.

Apresiasi, kata dia, juga disampaikan ke media yang berperan besar dalam mengedukasi dan penyebaran informasi subsidi gaji untuk guru honorer di lingkungan Kemenag.

"Semoga mashlahat dan bisa memberi keringanan bagi guru-guru madrasah kita di tengah pandemi Covid 19," tuturnya.

Dia menyebutkan, notifikasi pencairan subsidi gaji guru honorer madrasah sudah dikirim ke aplikasi Simpatika sejak 17 Desember 2020.

Sejak itu, 543.928 guru honorer madrasah yang berhak menerima subsidi gaji sudah bisa melakukan cetak surat kelengkapan untuk ditandatangani dan dibawa ke bank penyalur.

"Subsidi gaji guru honorer madrasah ini sebesar Rp 600 ribu per bulan dan diberikan untuk tiga bulan, jadi yang diterima Rp 1,8 juta," terang Zain.

Guru honorer rasakan manfaat subsidi gaji

Pencairan subsidi gaji untuk guru honorer madrasah ini disambut baik oleh oleh Sutejo dan Purwantini.

Keduanya selama ini mengabdikan diri sebagai guru honorer madrasah di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Bagi mereka berdua, subsidi gaji ini sangat membantu, utamanya di masa pandemi Covid-19.

Sutejo menyatakan, dirinya beterima kasih kepada pemerintah lewat Kemenag yang sudah memberikan subsidi gaji di masa pandemi ini.

"Lumayan bisa untuk memenuhi kebutuhan saat pemasukan sedang berkurang," ujar Sutejo.

Senada dikatakan oleh Purwantini, dia mengucapkan rasa syukur yang sangat besar atas program pemberian subsidi gaji ke guru honorer madrasah. Meskipun proses verifikasi dan validasi memakan yang waktu lama.

"Mulai dari Oktober kemarin proses verifikasi dan validasi," pungkas dia.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/01/133220471/semua-guru-honorer-madrasah-telah-terima-subsidi-gaji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke