Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

IG Live Kompas.com 5 Mei 2020: Panduan Lengkap Dampingi Anak Belajar Online

KOMPAS.com - Sejak pemerintah Indonesia mengeluarkan imbauan agar seluruh masyarakat tinggal di rumah, maka kehidupan masyarakat berubah.

Presiden Joko Widodo meminta agar masyarakat menerapkan social distancing karena pandemi virus corona atau Covid-19.

Presiden meminta agar pekerjaan dilakukan dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah di rumah. Karena virus corona ini penyebarannya makin masif, maka seluruh warga harus tinggal di rumah.

Karena harus belajar dari rumah, maka kegiatan belajar mengajar (KBM) kini tak lagi dilakukan di sekolah. Tetapi siswa mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring atau online. Hal ini tentu sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona di sekolah.

Adapun tugas-tugas itu bisa diberikan oleh guru melalui grup media sosial atau dengan pembelajaran daring yang diberikan oleh Kemdikbud, seperti Rumah Belajar.

Hanya saja, pembelajaran daring ini belum sepenuhnya efektif. Karena siswa harus terhubung dengan koneksi internet.

Lantas bagaimana dengan siswa yang kurang mampu dan tidak bisa mendapatkan akses internet? Atau bagaimana dengan siswa yang sulit mendapatkan jaringan internet karena lokasinya terpencil?

Untuk mengatasi keterbatasan akses jaringan internet dan juga bahan pembelajaran daring selama wabah Covid-19, Mendikbud Nadiem Makarim menggandeng TVRI menginisiasi program "Belajar dari Rumah".

Program Belajar dari Rumah mulai tayang di TVRI Nasional pada Senin 13 April 2020 sampai saat ini.

Tapi yang jadi persoalan, apakah program ini sudah efektif? Apakah siswa bisa mendapatkan atau mengikuti materi pelajaran itu?

Bagi orangtua, bagaimana cara mendampingi anak belajar secara daring atau melalui TV?

Program edukasi Kompas.com

Kompas.com, melalui rubrik Edukasi menghadirkan program Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah berupa bincang-bincang bersama pakar dan pegiat pendidikan di akun Instagram Kompas.com.

Edisi pertama telah diselenggarakan melalui Instagram @kompascom pada Senin, 4 Mei pukul 10.00 WIB dengan narasumber Direktur Executive Center for Education Regulation and Development Analysis (CERDAS), Indra Charismiadji.

Sedangkan edisi kedua, Selasa 5 Mei 2020 pukul 10.00 WIB, bincang-bincang Belajar dari Rumah #TeredukasidariRumah akan membahas tema yakni "Panduan Lengkap Dampingi Anak Belajar Online dan TV".

Untuk narasumbernya ialah seorang guru yang juga pegiat pendidikan dari Provinsi Kalimantan Timur. Dia adalah Sasmiati, S.S., M.Pd. atau sering disapa Sasha.

Kesehariannya, Sasha mengajar sebagai guru di SD Negeri 027 Tenggarong Seberang Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

Tak hanya sebagai guru, dia kini juga ditunjuk menjadi:

  1. Duta Rumah Belajar (DRB) Nasional Kalimantan Timur
  2. Fasilitator Nasional Program Pintar
  3. Asesor BAN-P
  4. Ketua PJJ - Satgas Covid-19 Kabupaten Kutai Kartanegara

Karena ada wabah virus corona ini, dia sudah 7 minggu membawakan live streaming acara Kukar Cerdas. Sasha mengajak teman-temannya para pendidik untuk bersama-sama mengajar di saluran YouTube Kukar Cerdas.

Nantinya, Anda bisa bertanya seputar cara mendampingi anak ikut pembelajaran online dan di TV itu seperti apa. Pertanyaan akan dijawab oleh narasumber.

Jadi, jangan lupa menonton Instagram Live Kompas.com bersama Duta Rumah Belajar Nasional, Sasmiati pada Selasa, 5 Mei 2020 pukul 10.00 WIB di Instagram resmi Kompas.com (@kompascom).

https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/04/124312171/ig-live-kompascom-5-mei-2020-panduan-lengkap-dampingi-anak-belajar-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke