Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keistimewaan dan Tanda-tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar di Bulan Ramadhan

Kompas.com - 23/04/2022, 04:25 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa bagi umat Muslim. Sebab, di bulan Ramadhan amalan-amalan yang dilakukan akan diganjar oleh pahala yang dilipatgandakan.

Keistimewaan lainnya yang terdapat di bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadar. Datangnya malam Lailatul Qadar merupakan hal yang dinantikan oleh umat Muslim di bulan Ramadhan.

Mengapa malam Lailatul Qadar begitu dinantikan? Apa sebenarnya yang dimaksud dengan malam Lailatul Qadar? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Kapan Malam Lailatul Qadar? Ini Ciri dan Keistimewaannya

Apa itu malam Lailatul Qadar?

Dilansir Kompas.com dari Encyclopedia Britannica (16/5/2020), Lailatul Qadar adalah malam ketika Allah SWT pertama kali menurunkan wahyu berupa ayat-ayat Al-Quran kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.

Berdasarkan tradisi Islam, Nabi Muhammad SAW pertama kali mendapatkan wahyu ayat-ayat Al Quran, setelah periode perenungan dalam pengasingan.

Malam Lailatul Qadar juga dimaknai sebagai malam ketika malaikat turun ke bumi, dengan membawa tugas memberi kedamaikan, berkah, dan bimbingan sampai fajar menjelang.

Malam Lailatul Qadar diyakini memiliki keistimewaan dibandingkan malam-malam lainnya, yakni lebih baik baik daripada seribu bulan.

Pada waktu-waktu Malam Lailatul Qadar, umat Muslim banyak mengisinya dengan itikaf (berdiam) di dalam masjid yang diisi dengan beribadah dan berdoa.

Warga di Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Maluku Tengah menerangi kuburan keluarganya dengan membakar damar pada malam 27 likur atau malam 27 Ramdhan 1441 hijriah, Selasa (19/5/2020)KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY Warga di Desa Latu, Kecamatan Amalatu, Kabupaten Maluku Tengah menerangi kuburan keluarganya dengan membakar damar pada malam 27 likur atau malam 27 Ramdhan 1441 hijriah, Selasa (19/5/2020)

Keistimewaan malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar begitu dinantikan karena memiliki banyak keistimewaan. Berikut ini adalah keistimewaan malam Lailatul Qadar:

Baca juga: Adakah Tanda-tanda Astronomi dari Malam Lailatul Qadar?

1. Lebih baik dari seribu bulan

Malam Lailatul Qadar adalah satu-satunya malam yang secara khusus dijelaskan dalam satu keseluruhan surat di Al-Quran, yakni surat Al-Qadr.

Dalam surat itu disebutkan bahwa malam Lailatul Qadar adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan.

"Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan," (QS Al-Qadr ayat 4-5).

Syekh Abdul Halim Mahmud dalam Syahr Ramadhan menghitung seribu bulan setara dengan 83 tahun 4 bulan.

"Seribu bulan adalah delapan puluh tiga tahun empat bulan. Itu merupakan standar umum umur manusia. Lailatul Qadr (alfu syahrin) lebih baik dari umur manusia; dari umur setiap manusia, baik umur manusia di masa lalu maupun umur manusia di masa mendatang. Intinya, lailatul qadr lebih baik dari (usia) zaman," kata Syekh Abdul Halim.

2. Diampuni dosa, diterima amal, dan dijauhkan dari api neraka

Keistimewaan malam Lailatul Qadar lainnya adalah diampuninya dosa, diterimanya amal, dan dijauhkan dari siksa api neraka. Hal ini dikatakan oleh Grand Syekh al-Azhar Ahmad Thayyib.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com