Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/05/2021, 18:35 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa di 10 hari terakhir di setiap bulan Ramadhan yang dinantikan oleh seluruh umat muslim. Lantas, adakah tanda-tanda astronomi dari malam spesial ini?

Pembimbing dan Pendamping Forum Kajian Ilmu Falak (FKIF) Gombong dan Majelis Kajian Ilmu Falak (MKF) Kebumen, Jawa Tengah Marufin Sudibyo, mengatakan setiap Ramadhan, terselip malam kemuliaan yakni yang disebut lailatul qadar.

"Kembali ke definisi agama, malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan atau malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan," kata Marufin kepada Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Menurut Marufin, berdasarkan definisi ini memang ada ciri-ciri yang sifatnya khusus yakni, malam itu adalah malam yang tenang, serta malam itu tidak berhiaskan cahaya bulan dan benda-benda langit yang lain.

"Jadi malam itu betul-betul tenang dan betul-betul meresap ke dalam hati," ujarnya.

Baca juga: Lailatul Qadar Malam Istimewa Bulan Ramadhan dan Perspektif Jagad Raya

 

Malam lailatul qadar di bulan Ramadhan, di dalam Al Qur'an, dinyatakan bahwa sehari setara dengan seribu malam yang tercantum dalam Surat Al-Hall ayat 47. Serta, sehari setara juga dengan 50.000 tahun yang tertuang dalam Al Qur'an Surat Al Maarij ayat 4.

Lantas, bagaimana ciri-ciri astronomi atau tanda-tanda malam Lailatul Qadar?

Menjawab persoalan tersebut, Astronom Amatir Indonesia ini menegaskan bahwa kalau tanda astronomis malam Lailatul Qadar itu sebenarnya hingga saat ini kecuali yang disebutkan di atas, tidak begitu dapat dijelaskan baik di dalam Al-Qur'an maupun dalam Islam dan ilmu astronomi.

"Kalau tanda astronomis itu nyaris tidak ada ya, karena ini sifatnya lebih ke metafisis," tuturnya.

"Kalau kemudian ditanya apakah ada bintang atau tanda tertentu yang bisa memberikan petunjuk, itu tidak diketahui hingga saat ini," imbuhnya.

Kendati tak ada tanda-tanda astronomi, Marufin mengatakan bahwa malam kemuliaan, lailatul qadar ini ditandai dengan situasi yang tenang dan langit yang cerah, namun gelap tanpa taburan sumber cahaya lain, kecuali bintang-bintang.

Baca juga: Bulan Purnama di Malam Ramadhan dan Keistimewaannya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com