Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatur Status WA agar Hanya Bisa Dilihat oleh Teman Dekat

Kompas.com - 04/06/2022, 12:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengatur status WhatsApp (WA) agar hanya bisa dilihat oleh teman dekat atau orang tertentu perlu diketahui, terutama oleh para pengguna aplikasi pesan instan tersebut.

Orang yang ingin menyembunyikan status WA-nya dan hanya membiarkan teman dekat atau orang tertentu yang dapat melihatnya tentu memiliki alasan, yang biasanya terkait dengan privasi.

Status WA sebenarnya sudah cukup personal dibandingkan Instagram Stories, sebab status di WhatsApp hanya bisa dilihat oleh orang yang menyimpan kontak pembuat status.

Meski begitu, tetap saja ada orang yang ingin statusnya hanya dilihat oleh orang tertentu saja, mirip fitur Close Friend di IG Story.

Cara mengatur status WhatsApp agar hanya bisa dilihat oleh teman dekat

Trik membuat status WA hanya bisa dilihat oleh orang tertentu atau teman dekat adalah dengan memilih kontak yang boleh melihat status WhatsApp tersebut.

Baca juga: Cara Mengosongkan Nama di WhatsApp

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (30/5/2022), berikut ini cara agar status Whatsapp hanya bisa dilihat oleh teman dekat:

  1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian pilih opsi Status. Setelah itu, klik menu yang dilambangkan ikon titik tiga di pojok kanan atas lalu pilih Privasi Status.
  2. Nantinya pengguna bisa memilih satu di antara tiga opsi yang muncul, yakni "Kontak Saya", "Kontak Saya Kecuali", dan "Hanya Bagikan Dengan".
  3. Jika memilih opsi "Kontak Saya", semua orang yang menyimpan nomor WhatsApp Anda akan bisa melihat WhatsApp Status yang dibagikan.
  4. Jika memilih "Kontak Saya Kecuali", berarti semua orang yang menyimpan kontak Anda akan bisa melihat WhatsApp Status yang Anda bagikan dengan pengecualian.

Baca juga: Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp agar Tak Dilihat Orang Tertentu

Cara membuat pengecualian adalah dengan mencentang beberapa kontak yang tidak dikehendaki untuk melihat status WA yang akan dibagikan.

Sementara itu, opsi "Hanya Bagikan Dengan" paling mirip dengan fitur "Close Friend" di Instagram. Pengguna bisa memilih kontak tertentu untuk membagikan WhatsApp Status yang dibuat.

Pengaturan ini tidak akan memengaruhi status WA yang bisa dilihat. Artinya, jika Anda sangat membatasi orang yang bisa melihat status WA yang Anda bagikan, Anda tetap bisa melihat semua status WA dari orang yang kontaknya disimpan.

Kecuali, jika seseorang membatasi Anda agar tidak melihat status WA yang dibagikannya.

(Penulis: Yudha Pratomo)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com