Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Membeli 5 Produk Rumah Tangga Ini dalam Jumlah Banyak

Kompas.com - 09/04/2022, 13:00 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Membeli sebuah produk rumah tangga dalam jumlah yang banyak bisa menjadi ide bagus ketika Anda ingin lebih efisien saat berbelanja.

Alasan orang membeli sebuah produk dalam jumlah banyak umumnya adalah menghemat waktu karena tidak perlu bolak-balik membeli.

Namun, tidak semua produk cocok untuk dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Sebab, beberapa produk memiliki masa kedaluwarsa. Alih-alih efisien, menumpuk produk hingga melewati masa kedaluwarsanya malah akan membuat rugi.

Karena itu, ingatlah satu aturan sederhana, yakni jangan membeli sesuatu lebih dari yang dapat kamu gunakan sebelum berakhir buruk.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (5/4/2022), berikut ini lima produk yang sebaiknya jangan pernah dibeli dalam jumlah banyak.

Baca juga: 5 Produk yang Jangan Pernah Dibeli dalam Jumlah Banyak

1. Minyak goreng

Beberapa waktu belakangan, di beberapa daerah di Indonesia, stok minyak goreng mengalami kelangkaan. Beberapa orang memilih untuk menyetok minyak goreng dalam jumlah banyak untuk mengantisipasi jika kelangkaan minyak goreng terjadi lagi.

Padahal, membeli minyak goreng dalam jumlah banyak tidak disarankan kecuali Anda memang orang yang banyak menggoreng setiap harinya.

NutritionFacts.org melakukan penelitian dan menemukan bahwa banyak minyak goreng mulai menjadi tengik dan teroksidasi jauh sebelum tanggal kedaluwarsa yang dicetak pada kemasannya.

Jadi, membeli minyak goreng dalam jumlah besar dapat membuang uang dan memungkinkan membahayakan kesehatanmu.

2. Pemutih

Ilustrasi pemutih. SHUTTERSTOCK/IRINA ANNARUMMA Ilustrasi pemutih.

Tahukah Anda bahwa pemutih cair memiliki tanggal kedaluwarsa. Setelah kemasan pemutih cair terbuka, hanya perlu waktu sekitar enam bulan untuk membuatnya menjadi kurang efektif.

Lain halnya dengan pemutih bubuk. Pemutih bubuk lebih tahan lama terlebih jika Anda menyimpannya di tempat yang kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.

Pilih salah satu di antaranya, atau dapatkan sebotol kecil pemutih cair dengan harga terbaik.

Baca juga: 6 Benda Rumah Tangga yang Dapat Dibersihkan dengan Lemon

3. Produk pembersih

Ilustrasi produk pembersih rumah. FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi produk pembersih rumah.

Banyak produk pembersih siap pakai memiliki batas waktu penggunaan yang pendek. Karena itu, membeli produk pembersih siap pakai dalam jumlah banyak tidak begitu disarankan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com