Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Produk yang Paling Dicari Masyarakat di Ruparupa.com

Kompas.com - 31/03/2022, 17:38 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya mengubah cara hidup terkait dengan kesehatan dan kebersihan saja, pandemi Covid-19 telah mengubah banyak perilaku kehidupan masyarakat, salah satunya saat berbelanja dan mencari barang yang dibutuhkan di kehidupan sehari-hari.

Teresa Wibowo, Chief Executive Officer Ruparupa.com, mengatakan selama bekerja dari rumah atau work from home (WFH), masyarakat lebih banyak memikirkan barang terkait dengan pekerjaan. 

Baca juga: Produktif Selama WFH, Letakkan 3 Tanaman Ini di Meja Kerja

"Ketika masa work from home (WFH), banyak kaum milenial yang membeli kursi kantor atau mendadak menyukai tanaman, dan memiliki ketertarikan memasak," ujar Teresa dalam acara perayaan ulang tahun Ruparupa.com yang keenam, Kamis (31/3/2022). 

Ia menjelaskan, hal ini terjadi karena masyarakat harus tetap tinggal di rumah selama masa pandemi dan membawa hiburan atau kegiatan lainnya ke dalam rumah. 

Baca juga: Kenali, Ini 6 Model Gorden yang Dapat Mempercantik Rumah

Akan tetapi, setelah pandemi yang panjang, Teresa mengatakan sudah banyak orang saat ini yang mulai membelanjakan barang-barang lain seperti koper.

"Pembelian kini sudah berbeda. Jika selama pandemi awal itu masyarakat banyak membeli oximeter, hand sanitizer, saat ini banyak juga membeli koper yang kemungkinan digunakan untuk berlibur," ungkapnya. 

Baca juga: 4 Cara Untuk Mengubah Rumah Agar Menjadi Lingkungan yang Sehat 

Perubahan pencarian barang memasuki Ramadan 

Senada dengan Teresa, Budiono Darmawan, Chief Marketing Officer Ruparupa.com, menjelaskan jika ada perubahan terkait dengan barang yang dicari banyak orang.

"Memasuki Ramadan, banyak konsumen mencari tempat penyimpanan makanan, stoples, botol minuman, peralatan kebersihan, peralatan dapur, bahkan baking," jelas Budi. 

Bahkan, kata Budi, banyak orang mencari produk yang berhubungan dengan traveling, dari koper, perlengkapan kamping seperti tenda, hingga lampu darurat. 

Baca juga: Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Furnitur untuk Rumah Baru

Terkait dengan mudik lebaran, beberapa orang juga mencari barang seperti CCTV dan brankas. "Ketika mudik nanti, mereka akan merasa aman meninggalkan rumah serta barang berharga yang bisa disimpan di satu tempat. Barang-barang ini bisa menjaga keamanan rumah saat mudik Lebaran," tutur Budi. 

Sementara itu, produk yang paling diminati masyarakat saat berbelanja offline dan online  adalah berbagai jenis rak, sofa bed, serta meja makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com