Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 3 Jenis Spatula dari Material hingga Fungsinya

Kompas.com - 31/03/2022, 12:41 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Salah satu alat masak yang wajib kamu miliki di dapur adalah spatula. Permukaan pipih pada spatula akan memudahkan kamu untuk membalik masakan atau sekedar untuk menumis.

Spatula terdiri dari beberapa jenis dengan bahan pembuatan yang berbeda. Untuk memilih spatula yang tepat, sebaiknya pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Selain itu pemilihan bahan spatula yang pas juga akan memudahkan untuk memasak, mengurangi resiko tercampurnya residu berbahaya di makanan dan meminimalisir kerusakan alat masak seperti teflon yang tergores.

Melansir dari Greatist, Kmais (31/03/2022), berikut ini adalah beberapa jenis spatula beserta fungsinya.

Baca juga: 7 Manfaat Menggunakan Alat Masak Berbahan Keramik

Spatula logam

Cocok untuk wajan dan panci berbahan cast iron dan logam

Spatula berbahan logam dengan bentuk tipis dan ramping biasanya digunakan untuk membalikkan daging burger. Bagian kepala spatula yang pipih juga memiliki permukaan yang lebar sehingga mudah digunakan untuk membalikkan makanan.

Logam membuat spatula ini menjadi lebih kuat dengan desain yang solid. Agar pegangannya tetap nyaman dan tidak panas, biasanya spatula logam dilengkapi dengan pegangan berbahan karet atau kayu.

Baca juga: 4 Jenis Alat Masak yang Tepat untuk Kompor Listrik

Spatula plastik

Ilustrasi spatula nilonUnsplash/Rae Wallis Ilustrasi spatula nilon

Cocok untuk wajan dan panci anti lengket

Plastik spatula memang lebih ringan dibandingkan dengan jenis spatula lainnya. Namun bahan plastik sangat tidak tahan panas dan dapat meleleh di suhu tinggi. Namun, kamu masih bisa menggunakannya pada permukaan wajan atau panci anti lengket

Jangan biarkan spatula plastik di dalam panci panas untuk waktu yang lama. Hal ini akan menyebabkan spatula meleleh dan berubah bentuk.

Baca juga: Membandingkan Alat Masak Silikon dan Kayu, Mana yang Lebih Baik?

Spatula silikon

Cocok untuk segala jenis wajan termasuk wajan anti lengket, wajan atau panci berbahan kaca dan keramik

Selain spatula plastik, spatula silikon juga ringan dan memiliki permukaan pipih yang lentur. Namun meskipun sekilas terlihat seperti plastik, silikon lebih tahan panas dan aman digunakan pada suhu tinggi. Bentuknya yang lentur akan memudahkan untuk mengaduk dan membalik makanan.

Spatula ini semakin populer karena memiliki banyak warna dan desain yang menarik sehingga cocok untukmu yang hobi mengoleksi alat masak di dapur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com