Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Kembali Mangkir Rapat, Dedi Mulyadi Dorong DPR Bentuk Pansus Minyak Goreng

Kompas.com - 16/03/2022, 20:52 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi kembali mangkir dari rapat gabungan yang digelar oleh DPR RI.

Ini adalah kali kedua Mendag tak hadir dalam rapat yang salah satu fokusnya membahas minyak goreng.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedi Mulyadi kecewa dengan sikap Mendag yang kembali tak hadir untuk diminta penjelasannya terkait permasalahan minyak goreng.

“Dari sisi kelembagaan kita menghadirkan Mendag saja dua kali tidak bisa. Artinya sudah ada pelecehan terhadap lembaga ini,” ujar Dedi Mulyadi dalam pernyataan tertulis, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: DPR Ancam Panggil Paksa Mendag Usai Mangkir Rapat, Begini Mekanismenya...

Dalam pemanggilan pertama, kata Dedi, Mendag diundang mangkir dan malah terlihat di media tengah menikmati kopi.

“Kemudian Mendag keliling berakrobat dengan berbagai pernyataannya di media tentang minyak goreng dijual keluar sampai ke penyelundupan dan segala macam. Sekarang kita undang hari ini ada Ratas (rapat terbatas),” katanya.

Kang Dedi tak setuju ada pemanggilan ketiga terhadap Mendag. Ia lebih setuju DPR membentuk Panitia Khusus (Pansus) yang fokus terhadap minyak goreng.

“Saya tidak setuju kalau Mendag dipanggil lagi. Saya lebih setuju dibuat Pansus Minyak Goreng dan meminta Mendag mempertanggung jawabkannya. Jangan sampai publik menganggap DPR tidak berani pada menteri perdagangan. Tidak boleh DPR diatur-atur menteri,” tegas Kang Dedi.

Sidak Minyak Goreng

Sebelum mengikuti rapat gabungan, Dedi Mulyadi melakukan sidak ke pasar tradisional dan minimarket untuk mencari informasi terkait minyak goreng. Hasilnya nihil.

Di pasar tradisional minyak goreng berbagai jenis langka karena harga mahal. Sementara di minimarket minyak selalu habis diserbu masyarakat.

“Begitu datang langsung diserbu. Belum juga dipajang sudah diserbu habis. Datang barangnya gak tentu paling 2 hari sekali, yang datang gonta-ganti mereknya,” ujar salah seorang kasir minimarket.

Baca juga: Dedi Mulyadi Kecewa Mendag Tak Hadir dalam Rapat Gabungan Bahas Minyak Goreng

Kang Dedi Mulyadi berharap masalah minyak cepat selesai. Sehingga tak ada lagi korban meninggal dunia saat antre minyak goreng dan harga juga stok kembali normal menjelang Bulan Ramadhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com