Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unggul di Berbagai Survei, Prabowo Dianggap Pantas Gantikan Jokowi

Kompas.com - 16/03/2022, 05:01 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Akademisi Politik Universitas Muhamadiyah, Surya Vandiantara menilai masih unggulnya elektabilitas Prabowo Subianto sebagai calon presiden menurut berbagai survei menunjukkan bahwa ketua umum Partai Gerindra ini pantas menggantikan Joko Widodo.

Menurutnya, survei ini juga menunjukkan bahwa masyarakat memerlukan pemimpin yang berkarakter kuat seperti Prabowo.

"Unggulnya Prabowo di beragam survei Pilpres merupakan wujud dari keinginan masyarakat terkait perlunya kepemimpinan yang berkarakter kuat dalam menghadapi dinamika global," ujar Surya dalam siaran pers, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Prabowo: Indonesia Dukung Resolusi Damai Palestina dan Israel

Apalagi, lanjut Surya, kecenderungan masyarakat Indonesia ingin memiliki sosok pemimpin yang merupakan antitesa dari yang sudah menjabat.

"Dulu Pak SBY dikenal cukup eksklusif dan elitis akhirnya masyarakat menjatuhkan pilihan ke sosok Pak Jokowi yang dinilai sebagai antitesa SBY, Jokowi dikenal sederhana dan merakyat. Jadi tidak menutup kemungkinan Pak Prabowo akan menjadi pilihan selanjutnya karena dinilai punya karakter kuat dan tegas. Ini terpotret dari beragam hasil survei yang menempatkan Pak Prabowo sebagai jawara," kata Surya.

Surya juga menjelaskan bahwa dinamika politik global cukup mempengaruhi ekspektasi masyarakat terkait figur seperti apa ke depan yang memimpin Indonesia.

Saat ini, lanjut Surya, arus informasi dari penjuru dunia mudah diakses masyarakat. Hal ini cukup berpengaruh dalam hal membangun persepsi publik terkait sosok seperti apa yang mampu menjawab persoalan Indonesia di kancah politik global, apalagi mencuatnya perang Ukraina versus Rusia.

"Peristiwa ini menjadi catatan masyarakat untuk kemudian menilai sosok yang pantas menakhodai Indonesia," jelasnya.

Meski demikian, Surya memaparkan bahwa figur calon wakil presiden juga menentukan dalam Pemilihan Presiden 2024 nanti.

"Moncernya elektabilitas Prabowo harus juga dibarengi dengan kecermatan memilih siapa pendampingnya nanti karena soal siapa cawapres juga sangat berpengaruh terhadap pemilih," paparnya.

Baca juga: Survei Litbang Kompas: Prabowo Belum Terkalahkan, Demokrat Mulai Ngangkat

Seperti diketahui, Prabowo Subianto yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan di kabinet Presiden Jokowi memiliki elektabilitas terbanyak dibanding kandidat capres lainnya.

Survei Litbang Kompas, LSI Deny JA dan Lembaga Survei Jakarta dalam rilis temuan survei terbarunya masih menjagokan Prabowo dengan gap elektabilitas yang cukup jauh dibanding calon lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com