Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Dapat Paket Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19 Omicron

Kompas.com - 30/01/2022, 19:25 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Penyebaran varian Omicron di Indonesia membuat tren kasus terkonfirmasi Covid-19 semakin meningkat.

Pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron yang tidak bergejala maupun bergejala ringan diperbolehkan untuk isolasi mandiri (isoman).

Bagi pasien Covid-19 Omicron yang menjalani isoman di rumah, pemerintah menyediakan layanan telemedisin, berupa telekonsultasi dan paket obat gratis. Masyarakat bisa mengaksesnya di laman https://isoman.kemkes.go.id/ .

Baca juga: Simak Syarat Isolasi Mandiri untuk Pasien Covid-19 Omicron

Terdapat 17 platform telemedisin yang telah bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam layanan ini, yakni sebagai berikut:

  1. Aido Health
  2. Alodokter
  3. GetWell
  4. Good Doctor
  5. Halodoc
  6. Homecare24
  7. KlikDokter
  8. KlinikGo
  9. Lekasehat
  10. LinkSehat
  11. Mdoc
  12. Milvik Dokter
  13. ProSehat
  14. SehatQ
  15. Trustmedis
  16. Vascular Indonesia
  17. YesDok.

Baca juga: Cara Dapatkan Layanan Telekonsultasi dan Paket Obat Gratis untuk Pasien Isoman Covid-19 Omicron

Cara dapatkan telemedisin dan obat gratis

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan layanan telemedisin gratis untuk isoman dari Kemenkes:

1. Pasien harus melakukan tes PCR di laboratorium yang telah terafiliasi dengan sistem New All Record (NAR) Kemenkes.

2. Jika hasil tes PCR positif, laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 melaporkan data hasil pemeriksaan ke database Kemenkes (NAR)

3. Selanjutnya pasien akan menerima pesan Whatsapp (WA) dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id.

4. Setelah memperoleh WA pemberitahuan, pasien bisa melakukan konsultasi secara daring dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin.

Baca juga: Kemenkes: Risiko Kematian Akibat Omicron Tetap Ada, Masyarakat yang Bergejala Segera Tes!

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tautan yang ada di pesan WA dari Kemenkes atau di tautan yang muncul saat pengecekan NIK mandiri di situs https://isoman.kemkes.go.id/panduan.
  • Lalu masukkan kode voucher supaya bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis.
  • Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan Anda adalah pasien program Kemenkes.

5. Selesai konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

6. Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu ‘Pesan Obat’ dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman.

Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman dari SiCepat untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien.

Hanya pasien dengan kategori layak isoman (dengan kondisi tanpa gejala atau ringan) yang akan mendapatkan obat dan vitamin secara gratis.

Baca juga: Kita Masih di Awal, Belum Puncak Kasus Omicron, Jangan Sampai RS Penuh Duluan...

Ilustrasi obat Covid-19. Inggris setujui penggunaan obat sotrovimab untuk pengobatan Covid-19 bergejala ringan hingga sedang. Produsen obat, GlaxoSmithKline (GSK), mengatakan, obat antibodi ini kemungkinan bisa melawan varian Omicron. SHUTTERSTOCK/GlaxoSmithKline (GSK) Ilustrasi obat Covid-19. Inggris setujui penggunaan obat sotrovimab untuk pengobatan Covid-19 bergejala ringan hingga sedang. Produsen obat, GlaxoSmithKline (GSK), mengatakan, obat antibodi ini kemungkinan bisa melawan varian Omicron.

Paket obat gratis untuk pasien Covid-19 Omicron

Sementara untuk paket obat gratis, ada dua paket yang disediakan, yakni:

  1. Paket A untuk pasien tanpa gejala: Terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet
  2. Paket B untuk pasien bergejala ringan: Terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg dan parasetamol tablet 500mg (jika dibutuhkan).

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menuturkan, paket obat disesuaikan dengan resep dari salah satu dari 17 layanan telemedisin. Sedangkan untuk obat di luar paket ditebus dan dibayarkan di luar layanan telemedisin isoman.

"Untuk yang belum ada telemedisin obat ini juga dapat didaptkan di puskesmas," kata dia, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (28/1/2022) pagi.

  1. Nadia menambahkan, ada sejumlah kategori sasaran layanan telemedisin isoman perawatan Omicron yang dituju oleh Kemenkes, yakni:
  2. Bagi pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan
  3. Berusia minimal 18 tahun
  4. Kondisi rumah layak isoman
  5. Diperiksa di wilayah Jabodetabek, serta
  6. Berdomisili di Jabodetabek.

(Sumber:Kompas.com/Dandy Bayu Bramasta | Editor: Sari Hardiyanto)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com