Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Suka Memperlihatkan Bokongnya ke Orang yang Baru Dikenal

Kompas.com - 22/01/2022, 08:15 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Berbicara tentang perilaku kucing memang tidak ada habisnya. Hewan yang satu ini kerap melakukan tingkah lucu yang bikin orang gemas.

Di antara perilaku kucing yang cukup unik adalah suka memperlihatkan bokongnya ke orang yang baru dikenal.

Sebagian orang mungkin merasa heran dengan perilaku kucing yang satu ini, namun, dilansir dari Daily Paws, memperlihatkan bokong merupakan salah satu cara kucing berkomunikasi dengan manusia.

"Hal yang salah adalah ketika kita salah menafsirkan suatu perilaku dan melihatnya sebagai penghinaan, buruk, atau menjijikkan," kata Pam Johnson Bennett, penulis dan pemilik Cat Behavior Associates.

Baca juga: Lebih Pintar Kucing atau Anjing? Ini Penjelasan Ahli Kognisi Hewan

"Jika Anda menginginkan hubungan yang lebih baik dengan kucing Anda, luangkan waktu untuk mempelajari cara kucing berkomunikasi. Anda mungkin melewatkan begitu banyak contoh kucing yang menunjukkan betapa dia mencintai Anda," imbuhnya.

Bukan tanpa sebab kucing suka memperlihatkan bagian belakang tubuhnya ke orang baru. Ada beberapa alasan mengapa kucing memperlihatkan bokongnya ke orang yang baru dia kenal, yakni sebagai berikut:

Ekor kucing terdiri dari puluhan tulang vertebra.PIXABAY/STEVE MANTELL Ekor kucing terdiri dari puluhan tulang vertebra.

1. Kucing bersikap sopan

Johnson Bennett menuturkan, bagi kucing memperlihatkan bokong merupakan hal yang biasa dilakukan dan juga termasuk cara dia berkomunikasi.

"Di dunia kucing, penyajian bagian belakang dianggap etiket yang tepat," jelas Johnson Bennett.

"Kucing yang bersahabat satu sama lain akan sering mendekat dengan ekor terangkat. Mereka akan mengendus hidung dan kemudian satu kucing akan berbalik untuk menyajikan bokongnya untuk mengendus," tutur dia.

Baca juga: 5 Benda yang Perlu Dijauhkan dari Kucing Peliharaan di Rumah

Kelenjar aroma dan feromon terkait yang ditemukan di bagian belakang kucing menawarkan kepada teman kucing mereka detail tentang siapa mereka dan di mana mereka berada.

2. Menginginkan kasih sayang

Alasan berikutnya, ketika kucing mendorongkan bokongnya ke Anda, itu artinya mereka ingin dibelai.
Sementara tepukan lembut dari cakar akan dilakukan, bokong yang diarahkan ke wajah adalah cara yang pasti untuk masuk ke garis pandang Anda dan mendapatkan sedikit perhatian ekstra.

Maka dari itu, ketika kucing Anda memperlihatkan bokong ke wajah Anda, dia mungkin hanya ingin berikan kasih sayang dan perhatian.

Ilustrasi perilaku kucing.SHUTTERSTOCK Ilustrasi perilaku kucing.

3. Tanda kepercayaan

Kucing termasuk hewan dengan kepekaan yang tinggi. Sebab itu, ia memiliki kewaspadaan terhadap lingkungan di sekitarnya.

Baca juga: Jenis-jenis Vaksin untuk Kucing, Dapat Cegah Penyakit Berbahaya

Ketika kucing berada di tempat yang aman dengan orang-orang yang mereka percayai, mereka cenderung menutup mata dan bahkan mungkin membelakanginya, dan ini merupakan tanda kepercayaan yang paling utama.

Kendati begitu, hal ini bukanlah bentuk kepercayaan satu-satunya bagi kucing. Jadi ketika kucing peliharaan tidak memperlihatkan bokongnya ke hadapan Anda, bukan berarti dia tidak mempercayai Anda.

"Bahkan kucing rumahan pun akan memiliki preferensi yang berbeda dalam hal bagaimana mereka menunjukkan kasih sayang dan kepercayaan," jelasnya.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com