Lebih Pintar Kucing atau Anjing? Ini Penjelasan Ahli Kognisi Hewan

Kompas.com - 16/01/2022, 18:15 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang menyukai kucing dan anjing bukan hanya karena tingkahnya yang lucu, tetapi juga karena dianggap memiliki kecerdasan melebihi banyak hewan lainnya.

Akan tetapi, tak sedikit orang yang membandingkan kecerdasan kucing dan anjing untuk mengetahui hewan yang lebih pintar di antara keduanya.

Dilansir dari Live Science melalui KOMPAS.com, peneliti senior spesialis kognisi anjing di Barnard College, New York, Alexandra Horowitz mengatakan, peneliti tidak mempelajari "kecerdasan" kedua hewan itu, apalagi membandingkannya.

"Peneliti kognisi anjing tidak mempelajari 'kecerdasan' itu sendiri. Kami melihat aspek kognisi yang berbeda," kata Horowitz.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Jumat (7/1/2022), Horowitz pun mempertanyakan kebiasaan manusia yang kerap membandingkan kecerdasan antar spesies.

Baca juga: 4 Penyebab Kucing dan Anjing Sulit Akur

"Sederhananya, kucing pintar dalam hal-hal yang perlu dilakukan kucing, dan anjing dalam hal-hal yang dilakukan anjing," tegasnya.

"Saya rasa sama sekali tidak masuk akal untuk berbicara tentang spesies mana yang relatif 'pintar'," imbuhnya.

Sementara itu, Profesor Antropologi Evolusioner di Duke University, Brian Hare, juga sepakat dengan pernyataan Horowitz tersebut.

"Menanyakan apakah anjing lebih pintar dari kucing sama seperti menanyakan apakah palu adalah alat yang lebih baik daripada obeng," kata Hare.

Hare menjelaskan, bukan berarti peneliti perilaku hewan belum mencoba mengukur kecerdasan anjing dan kucing, atau lebih tepatnya, kemampuan kognitif selain yang dibutuhkan kedua hewan berbulu itu untuk bertahan hidup.

Baca juga: 6 Alasan Kucing Peliharaan Merindukan Pemiliknya

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.