Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Langkah Bersihkan Cermin Tanpa Debu dan Tetap Berkilau

Kompas.com - 13/11/2021, 10:15 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Cermin biasanya dibutuhkan untuk melihat penampilan. Namun, karena sering dibersihkan dengan cara yang salah, cermin menjadi tergores dan cepat kotor.

Melansir Kompas.com dari Martha Stewart, Selasa (9/11/2021), koran bekas adalah senjata rahasia untuk membersihkan cermin sebening kristal selama beberapa dekade.

Namun terungkap fakta bawha tinta berbasis minyak bumi ini yang mereka gunakan berbahaya bagi lingkungan, printer beralih ke formulasi berbasis kedelai organik.

Lantas, bagaimana langkah-langkah yang benar membersihkan cermin? berikut ini penjelasannya.

  • Mulai bersihkan dengan bingkai cermin

Baca juga: Trik Membersihkan Cermin agar Lebih Berkilau

Untuk memulai, disarankan untuk membersihkan mulai dari bingkai cermin. Anda hanya memerlukan satu jenis bahan penting untuk membuat bagian ini terlihat terbaik lagi, yakni kain.

Mulailah dengan membersihkan partikel dengan handuk mikrofiber.

Selanjutnya, bersihkan bingkai dengan lap basah yang tidak berbulu, dan ikuti dengan kain kering untuk memperlihatkan permukaan yang lebih cerah di bawah.

  • Semprotkan permukaan cermin

Untuk menjadikan cermin bening tanpa goresan, semprotkan pembersih kaca atau larutan cuka dan air dengan perbandingan yang sama pada kaus katun bekas.
Hindari menyemprotkan pada cermin itu sendiri, karena dapat merusak bingkai, setelahnya, seka seluruh permukaan secara menyeluruh.

Hindari menyemprotkan pada cermin itu sendiri, karena dapat merusak bingkai, setelahnya, seka seluruh permukaan secara menyeluruh.

  • Keringkan cermin dengan cepat

Baca juga: Simak, Ini Aturan Feng Shui untuk Meletakkan Cermin

Untuk menyelesaikan proses pembersihan ini, gunakan kembali kain mikrofiber. Dan pastikan kain tersebut baru dan bersih.

Setelah Anda menyemprot dan menghilangkan noda pada kaca, segera bersihkan permukaan untuk menghindari tanda air kecil, yang dapat muncul kemudian. Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, cermin Anda akan terlihat seperti baru.

(Sumber: Kompas.com Penulis Aniza Pratiwi | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com