Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Gatal setelah Mandi

Kompas.com - 07/11/2021, 19:31 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Mandi merupakan aktivitas rutin yang dilakukan untuk menjaga kebersihan tubuh. Selepas mandi, tubuh akan terasa segar kembali.

Namun, ada sebagian orang yang justru merasa gatal setelah mandi. Hal itu tentu sangat mengganggu dan menjengkelkan.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kulit terasa gatal setelah mandi atau berendam. Dilansir Kompas.com dari Medical News Today (26/9/2021), berikut ini adalah beberapa penyebab gatal setelah mandi yang paling sering ditemui.

Baca juga: Alami Gatal setelah Mandi? Kenali 4 Penyebabnya

1. Kulit kering

Penyebab gatal setelah mandi yang pertama adalah kulit kering. Kulit kering biasanya akan terasa kencang atau gatal, terutama setelah mandi.

Cara terbaik untuk mencegah kulit gatal setelah mandi adalah dengan mengoleskan pelembab sesaat setelah mandi.

Menggunakan pelembab berat seperti krim, minyak, atau salep saat kulit masih sedikit lembab dapat mengoptimalkan kelembaban.

Hanya, orang dengan kondisi kulit yang sangat kering atau sensitif harus menggunakan jenis pelembab yang sesuai, jangan sembarang produk.

Hal itu karena beberapa produk justru dapat memperparah gatal dikarenakan mengandung bahan yang mengiritasi atau menyebabkan reaksi alergi.

Hindari produk yang mengandung wewangian, mentol, dan alkohol, karena dapat menyebabkan kekeringan, iritasi, dan gatal-gatal lebih lanjut.

2. Eksim

Eksim mengacu pada peradangan kulit yang dapat menyebabkan gatal dan kekeringan yang berlebihan. Ini adalah kondisi kronis yang juga dapat menyebabkan ruam merah atau benjolan pada kulit.

Eksim mungkin terasa lebih gatal dan tidak nyaman setelah mandi, terutama ketika kulit kekurangan minyak alami. Sabun dan air panas dari pancuran juga bisa memicu rasa gatal.

Orang dengan eksim mungkin perlu menggunakan produk hypoallergenic dan mengoleskan pelembab sepanjang hari. Dokter kulit mungkin dapat memberikan rekomendasi produk mana yang akan digunakan.

Baca juga: Mandi Malam Menggunakan Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

Sebagai bagian dari cara memutihkan kulit tangan serta mencegahnya tampak kusam dan terlihat tua, aplikasikan losion atau krim pelembap setelah mandi atau mencuci tangan.PEXELS/SHINY DIAMOND Sebagai bagian dari cara memutihkan kulit tangan serta mencegahnya tampak kusam dan terlihat tua, aplikasikan losion atau krim pelembap setelah mandi atau mencuci tangan.

3. Reaksi terhadap produk perawatan kulit

Untuk mempercantik penampilan, banyak orang yang menggunakan produk perawatan kulit. Hanya saja, apabila kulit tidak cocok dengan produk yang digunakan, justru dapat memicu reaksi alergi yang menyebabkan gatal dan gejala lainnya.

Kondisi ini dikenal sebagai dermatitis kontak. National Eczema Association menjelaskan bahwa wewangian adalah salah satu bahan paling umum yang dapat menyebabkan reaksi kulit.

Jika pelembab saja tidak mengatasi gatal, mereka mungkin perlu mengganti produk mandi. Cobalah pembersih dan pelembab bebas pewangi untuk melihat apakah gatalnya hilang.

Baca juga: 10 Penyebab Selangkangan Gatal dan Cara Mengatasinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com