Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluar Darah Haid Jelang Buka Puasa Ramadhan, Apakah Wajib Mengganti Puasa?

Kompas.com - 18/03/2024, 11:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berpuasa di bulan Ramadhan merupakan kewajiban bagi setiap umat Islam yang memenuhi ketentuan.

Namun, pada perempuan, haid atau menstruasi bisa menjadi salah satu alasan tidak boleh berpuasa.

Sebagai gantinya, mereka wajib menjalankan puasa qadha sesuai jumlah hari yang ditinggalkan di luar Ramadhan.

Sayangnya, kedatangan tamu bulanan sering kali tidak dapat diprediksi. Akibatnya, tak jarang perempuan mengucapkan niat puasa, tetapi menjelang berbuka justru keluar darah haid.

Bahkan, bisa jadi darah haid keluar beberapa menit saja jelang azan maghrib, sehingga memicu dilema apakah perlu menggantinya di kemudian hari atau tidak.

Baca juga: Mimpi Basah Saat Puasa, Apakah Batal Puasanya atau Bisa Lanjut?


Keluar darah haid jelang buka tetap batal

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas menjelaskan, seorang perempuan yang berpuasa Ramadhan tetapi tiba-tiba haid, maka wajib mengganti puasanya.

"Kalau seorang perempuan sudah berpuasa tiba-tiba haid, sementara waktu berbuka tinggal satu atau setengah jam lagi maka puasa dari wanita tersebut menjadi batal," ujarnya, saat dihubungi Kompas.com, Senin (18/3/2024).

Anwar mengatakan, hal serupa juga berlaku bagi perempuan yang baru mengecek keluarnya darah haid usai berbuka, tetapi ragu kapan darah tersebut mulai keluar.

"Kalau ragu tentang waktu keluar haidnya antara sebelum dan setelah waktu berbuka maka yang diambil adalah waktu sebelum berbuka," kata Anwar.

Dia menambahkan, terdapat sebuah hadis yang mengatakan untuk meninggalkan apa yang diragukan dan mengambil apa yang tidak membuat ragu.

"Jadi kalau ragu antara yang sebelum dan yang setelah, maka ambil yang sebelum karena dengan demikian kamu tidak lagi akan terseret-seret dalam keraguan," imbuhnya.

Namun, Muslim tidak perlu khawatir karena pahala tetap akan mengalir meski tidak bisa menyelesaikan puasa hingga azan maghrib.

Sebab, menurut Anwar, apa saja yang manusia kerjakan, jika hal tersebut didasari karena Allah pasti akan mendapat ganjaran.

"Tentu pasti mendapat ganjaran dari Allah SWT, apalagi penyebab dia tidak lagi berpuasa bukan karena faktor hawa nafsunya tapi karena mengikuti perintah dan ketentuan dari Allah SWT," tutur Anwar.

Baca juga: Puasa tapi Tidak Shalat Lima Waktu, Bagaimana Hukumnya?

Baru tahu darah keluar setelah berbuka

Senada, penceramah Ustazah Lulung Mumtaza mengungkapkan, perempuan yang keluar darah haid menjelang berbuka, meski hanya kurang tiga menit, wajib mengganti puasa di lain waktu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com