Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei ECA: 75 Persen Pilot Pernah Ketiduran Saat Menerbangkan Pesawat

Kompas.com - 09/03/2024, 14:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kejadian pilot ketiduran saat menerbangkan pesawat bukan hal baru dalam dunia penerbangan.

Menurut survei serikat pekerja pilot Eropa (ECA) pada 2023 diketahui 75 persen pilot dari hampir 7.000 responden mengaku pernah ketiduran dalam penerbangan setidaknya sekali dalam satu bulan terakhir. 

Dikutip dari laman Business Insider, survei yang dikerjakan konsultan keselamatan penerbangan Baines Simmons untuk ECA tersebut dilakukan pada Juli 2023.

Dalam survei yang sama, seperempat responden menyatakan setidaknya lima kali microsleep (ketiduran dalam waktu singkat) dalam penerbangan empat minggu terkahir.

Baca juga: Pilot dan Kopilot Batik Air Tertidur dalam Penerbangan Kendari-Soetta, Pesawat Sempat Keluar Jalur


Kasus tersebut tidak hanya dialami pilot Eropa, di Indonesia, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) merilis laporan serupa.

Laporan awal menyebutkan, pilot dan kopilot maskapai Batik Air tertidur selama 28 menit dalam penerbangan dari Kendari, Sulawesi Tenggara menuju Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (25/1/2024).

Karena kondisi tersebut, pesawat Batik Air dengan nomor penerbangan BTK6723 sempat keluar jalur. Beruntung penerbangan bisa berjalan baik dan bisa mendarat dengan lancar.

Selain itu, pada 2022, dua pilot maskapai Ethiopian Airlines dilaporkan tertidur dalam penerbangan dari Sudan ke Ethiopea.

Baca juga: Mengenang 17 Tahun Insiden Terbakarnya Pesawat Garuda di Bandara Adisutjipto...

Sebagian besar pilot ketiduran dalam penerbangan

Sebuah survei bertajuk A fatigue survey of European Pilots dilakukan oleh European Cockpit Association (ECA) terhadap 6.893 pilot dari berbagai negara.

Survei yang diterbitkan pada Agustus 2023 tersebut mengidentifikasi tanda-tanda dan penyebab kelelahan, sebelum masa tersibuk di musim panas pilot Eropa.

Salah satu poin yang diteliti adalah mengenai microsleep (tidur singkat) selama penerbangan dalam sebulan terakhir sebelum dilakukannya survei.

Baca juga: Pesawat Ruang Angkasa AS yang Mendarat di Bulan Diperkirakan Kehabisan Daya dan Mati Hari Ini

Hasilnya, sebagian besar pilot telah mengalami setidaknya satu kali ketiduran selama penerbangan dalam 4 minggu terakhir.

Bahkan, 592 pilot di antaranya melaporkan telah mengalami lebih dari 10 kali ketiduran singkat dalam periode tersebut.

Data pilot ketiduran selama penerbangan berdasarkan survei yang dilakukan European Cockpit Association (ECA) pada 2023.European Cockpit Association (ECA) Data pilot ketiduran selama penerbangan berdasarkan survei yang dilakukan European Cockpit Association (ECA) pada 2023.

Dari data pada grafik di atas, total 75,9 persen pilot pernah mengalami setidaknya satu kali ketiduran saat menerbangkan pesawat dalam sebulan terakhir.

Dengan rincian 49,6 persen pernah ketiduran 1 sampai 4 kali, 17,4 persen ketiduran 5 sampai 9 kali, dan 8,8 persen mengalami lebih dari 10 microsleeps dalam sebulan terakhir.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com