Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Suka Duduk di Atas Laptop Saat Anda Bekerja dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 08/03/2024, 17:00 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kucing adalah hewan peliharaan yang sering kali melakukan atau menunjukkan kebiasaan yang aneh.

Salah satu perilaku anehnya yang mungkin pernah Anda alami adalah ketika mereka naik dan duduk di atas laptop saat Anda sedang bekerja.

Perilaku tersebut tentu dapat mengganggu aktivitas pekerjaan Anda dan tentunya berisiko membuat laptop Anda tergores oleh cakar atau gigi kucing.

Baca juga: Apa yang Dimimpikan Kucing dan Anjing Saat Tidur? Ini Kata Peneliti


Lantas, mengapa kucing suka duduk di atas laptop?

Alasan kucing suka duduk di atas laptop

Dilansir dari laman BBC Science Focus, mengapa kucing suka duduk di atas laptop adalah karena mereka tertarik dengan kehangatan yang dihasilkan oleh mesin tersebut.

Saat Anda menggunakan laptop saat bekerja, ia mengeluarkan panas dan ruangan atau sesuatu yang panas menarik bagi kucing.

Kehangatan memberi kucing rasa nyaman untuk tidur, karena mereka tidak perlu menggunakan energi untuk menjaga tubuh tetap hangat.

Ini juga menjadi alasan mengapa kucing sering kali duduk di ambang jendela yang terkena sinar matahari untuk mencari kehangatan.

Baca juga: Alasan Kucing Punya Dua Titik Botak di Antara Mata dan Telinga

Hal tersebut juga ditambah dengan aroma laptop yang menarik bagi kucing. Ini adalah aroma Anda sebagai pemiliknya, yang biasa tertinggal di laptop saat Anda mengetik.

Anda mungkin tidak akan bisa mengendusnya, tapi kucing memiliki penciuman yang tajam dan bisa mencium bau Anda di seluruh keyboard.

Setelah mereka berhasil duduk di atas laptop, kemungkinan kucing Anda akan menyimpan aromanya sendiri untuk menandai laptop sebagai wilayahnya.

Dengan begitu, ketika Anda membuka laptop di dekat kucing, teman berbulu Anda akan datang dan duduk di atasnya, karena menganggap itu adalah wilayah kekuasaannya.

Baca juga: 4 Tips Sederhana Merawat Kucing Himalaya Kesayangan Anda

Tips mencegah kebiasaan kucing duduk di laptop

Alasan kucing suka duduk di atas laptop.Unsplash/Tai Bui Alasan kucing suka duduk di atas laptop.

Dikutip dari laman Cats.com, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kucing peliharaan menjauhi laptop, antara lain:

  • Anda bisa memulainya dengan cara tidak memberikan pelukan atau perhatian saat mereka duduk di atas laptop. Cukup angkat dan pindahkan mereka ke tempat lain.
  • Jika kucing duduk di samping atau tempat lain saat Anda menggunakan laptop, perlakukan mereka dengan memberi pujian untuk memperkuat perilaku tersebut secara positif.
  • Anda bisa menyediakan area berpemanas berbeda untuk diduduki oleh kucing peliharaan. Misalnya membeli tempat tidur kucing berpemanas.
  • Jika ada tempat yang sangat cerah di rumah Anda, letakkan tempat tidur kucing di sana untuk mereka tempati.
  • Siapkan tempat bertengger di bawah sinar matahari di rumah Anda. Ini sering kali menjadi tempat yang sempurna bagi kucing untuk mendapatkan kehangatan.
  • Anda dapat mengajak kucing bermain sebelum bekerja menggunakan laptop. Ini akan membuat mereka lelah sehingga lebih memilih untuk istirahat daripada mengganggu Anda bekerja.

Baca juga: Arti dari 9 Bahasa Tubuh Kucing yang Ditunjukkan Melalui Posisi Ekornya

Pada dasarnya, tidak ada yang salah jika kucing Anda duduk di atas laptop. Bahkan beberapa pemilik yang merasa senang dengan kehadiran kucing di sampingnya.

Namun, kebiasaan tersebut dapat membuat laptop Anda lebih berisiko tergores oleh cakar atau gigi kucing.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com