Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/02/2024, 12:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Memilih makanan yang tepat penting bagi Anda yang memiliki kucing peliharaan.

Kucing termasuk individu dengan perawatan yang tinggi, sehingga wajar jika mereka menjadi sangat pemilih, termasuk untuk makanan.

Pernahkah kucing peliharaan Anda saat disuguhkan makanan justru menghindar dan tidak menyukai sebagian besar, atau hampir semua, makanan tersebut?

Ini merupakan hal yang biasa, apalagi jika makanan yang Anda berikan adalah makanan baru.

Baca juga: Mengenal Pulau Kucing di China, Rumah bagi Ratusan Kucing Liar Sebelum Diadopsi Manusia


Lantas, mengapa kucing suka pilih-pilih makanan?

Alasan kucing pilih-pilih makanan

Kucing memiliki indera perasa yang tajam, sehingga mereka bahkan dapat menangkap obat-obatan atau bahan tambahan lain dalam makanannya.

Hal ini yang sering kali membuat mereka tidak menyukai makanan tertentu, ketika mereka menemukan aroma atau rasa yang tidak sesuai selera.

Dikutip dari laman the Dodo, sifat pilih-pilih mereka tampaknya didasarkan pada hasil evolusi dan memiliki neophobia, yang dapat diartikan sebagai ketakutan akan hal-hal baru.

Artinya, kucing cenderung tidak mau mencoba makanan baru atau berbeda dari makanan biasanya. Sebab, mencoba hal-hal baru bisa berbahaya di alam liar.

Baca juga: Bagaimana Kucing Berevolusi Selama Proses Domestikasi?

Di alam liar, mengonsumsi makanan baru dan tidak cocok dengan kebutuhan nutrisi kucing dapat menyebabkan sakit perut atau lebih buruk lagi.

Dilansir dari laman Live Science, penelitian menemukan bahwa kucing terdorong untuk mengonsumsi makanan dengan rasio protein dan lemak yang disukai, yakni 1 banding 0,4.

Ini menjadi salah satu alasan mengapa kucing memilih-milih makanan. Artinya, sekitar 50:50 dalam hal persentase energi dari protein dan lemak.

Serangkaian eksperimen dilakukan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mempengaruhi pilihan makanan kucing, para ilmuwan melakukan.

Baca juga: Alasan Kucing Sering Menjilati Kaki Depannya Setelah Makan

Peneliti menyajikan tiga rasa makanan basah yang telah dirumuskan para peneliti kepada kucing jantan dan betina: kelinci, ikan, dan jeruk.

Hasilnya, beberapa kucing justru mengonsumsi lebih banyak makanan rasa jeruk, yang memiliki rasio target protein terhadap lemak, daripada makanan rasa ikan dan kelinci tanpa rasio nutrisi yang tepat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com