Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Efek Samping yang Terjadi Saat Minum Teh Manis Setiap Hari

Kompas.com - 07/03/2024, 18:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh manis merupakan salah satu minuman populer yang banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan usia, salah satunya di Indonesia.

Pembuatan teh manis mengacu pada teh yang diseduh dengan ditambahkan gula ataupun pemanis seperti sirup berasa yang bisa dinikmati saat panas maupun dingin.

Namun teh manis yang dikonsumsi secara berlebihan setiap hari dapat menyebabkan efek samping yang merugikan tubuh.

Dikutip dari Real Simple, penelitian menyebutkan bahwa seseorang harus membatasi konsumsi teh harian dengan batasan 2-3 cangkir per hari.

Lantas, apa saja efek samping yang mungkin akan muncul saat tubuh terlalu banyak minum teh manis?

Baca juga: 6 Teh untuk Penderita Diabetes, Bisa Membantu Turunkan Kadar Gula Darah


Efek samping terlalu banyak minum teh manis

Efek samping terlalu banyak minum teh manis setiap hari.SHUTTERSTOCK/Santhosh Varghese Efek samping terlalu banyak minum teh manis setiap hari.
1. Meningkatkan risiko diabetes tipe 2

Ahli gizi dan diet sekaligus pendiri Nutritional Living, Beth Chiodo mengatakan, salah satu efek samping utama dari minum teh manis adalah meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

“Minuman manis, seperti teh manis adalah salah satu penyumbang masalah kesehatan terbesar seperti obesitas, diabetes, dan banyak lagi,” ujar Chiodo dikutip dari Eatthis (29/7/2021).

Menurut Chiodo, mengonsumsi asupan minuman manis meskipun hanya satu kali sehari dapat meningkatkan risiko diabetes sebesar 16 persen. 

Menurut penelitian, mengurangi konsumsi minuman manis dikaitkan dengan penurunan risiko terkena diabetes tipe 2. Untuk itu, pilihan terbaiknya adalah dengan meminumnya tanpa tambahan gula.

Baca juga: Apa yang Terjadi pada Tubuh jika Minum Teh Mint Setiap Hari?

2. Meningkatkan risiko gagal ginjal

Efek samping lain yang dapat terjadi bila terlalu banyak mengonsumsi teh manis setiap hari yakni dapat meningkatkan risiko gagal ginjal.

Hal tersebut diungkapkan oleh dokter Umbar Ghaffar dari University of Arkansas, Amerika Serikat (AS), dikutip dari Kompas.com (31/10/2023).

Ghaffar mengaku mendapati pasiennya yang menderita gagal ginjal lantaran kebiasaan minum banyak es teh.

Pihaknya juga menjelaskan, kondisi tersebut terjadi karena ginjal dapat tersumbat dan meradang oleh bahan kimia makanan yang disebut oksalat, yang juga terdapat dalam teh.

Selain itu, dokter di University of Utah Health Care Scott Youngquist mengatakan, minuman es teh dinilai penuh dengan asam oksalat yang memiliki efek samping jika dikonsumsi berlebihan.

"Zat ini ketika dikonsumsi secara berlebihan, menumpuk di ginjal dan mengacaukan pekerjaan, hingga menghilangkan limbah dari darah," kata Youngquist.

Baca juga: 7 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Teh dalam Sehari, Apa Saja?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com