Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makanan Ultra Proses Dikaitkan dengan 32 Masalah Kesehatan, Termasuk Obesitas

Kompas.com - 04/03/2024, 13:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memperingati Hari Obesitas Sedunia yang digelar setiap 4 Maret, dokter gizi komunitas dari Dr Tan & Remanlay Institute, Tan Shot Yen mengungkap penyebab obesitas dari sisi pola makan.

Menurutnya, faktor terbesar penyebab obesitas adalah konsumsi makanan ultra proses. Sayangnya, makanan ultra proses ini berisiko menggantikan produk makan lain karena lebih mudah ditemui dan dikonsumsi.

Makanan ultra proses adalah makanan yang telah diubah untuk memasukkan lemak, pati, gula, garam, dan minyak terhidrogenasi yang diekstrak dari makanan lain.

"Problemnya ada di mana produk pangan ultra proses ini? Tentu sebagai pencetus obesitas," kata Tan, dikutip dalam siaran langsung di Youtube Kementerian Kesehatan, Senin (4/4/2024).

Tan juga menyampaikan bahwa makanan ultra proses dirancang untuk menciptakan kecanduan.

Produk makanan ultra proses ini dijual dengan menyasar anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan dan masyarakat dengan kelompok menengah ke atas.

Saat ini, makanan ultra proses mencakup hampir 60 persen makanan untuk orang dewasa dan 70 persen untuk anak-anak.

Lantas, apa saja bahaya konsumsi makanan ultra proses bagi tubuh?

Baca juga: 7 Manfaat Jalan Kaki, Turunkan Risiko Obesitas dan Penyakit Jantung

Bahaya makanan ultra proses

Makanan ultra proses seringkali mengandung lemak jenuh, garam, dan gula dalam tingkat yang tinggi. Ada juga dugaan bahwa makanan ini mengandung zat aditif sehingga berdampak negatif bagi kesehatan tubuh.

Tingginya konsumsi terhadap makanan ultra proses bisa menyebabkan munculnya risiko penyakit kronis seperti obesitas.

Empat dari lima penelitian menemukan bahwa konsumsi makanan ultra proses dikaitkan dengan kelebihan berat badan atau obesitas, seperti dilansir dari National Library of Medicine.

Studi tambahan melaporkan hubungan antara makanan ultra proses dan glukosa puasa yang lebih tinggi, sindrom metabolik, peningkatan kolesterol total dan LDL, serta risiko hipertensi.

Penelitian terbaru yang melibatkan para ahli dari sejumlah institusi terkemuka, termasuk Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health di AS, University of Sydney, dan Sorbonne University di Perancis menemukan bahwa konsumsi makanan ultra proses dikaitkan dengan 32 masalah kesehatan.

"Secara keseluruhan, hubungan langsung ditemukan antara paparan makanan ultra-olahan dan 32 parameter kesehatan yang mencakup kematian, kanker, dan hasil kesehatan mental, pernapasan, kardiovaskular, pencernaan, dan metabolisme," tulis penelitian tersebut, dilansir dari The Guardian.

Studi itu mengungkap, konsumsi yang lebih besar pada makanan ultra proses dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terhadap kesehatan, seperti kardiometabolik, gangguan mental umum, dan kematian.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com