Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profil dan Harta Kekayaan Adhy Karyono, Calon Pj Gubernur Jatim Pengganti Khofifah

Kompas.com - 15/02/2024, 15:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) tentang pemberhentian Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim).

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan, Keputusan Presiden yang sama juga sekaligus mengangkat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim Adhy Karyono sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jatim.

"Sekaligus mengangkat Adhy Karyono sebagai Pj Gubernur Jatim," kata Ari di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa (13/2/2024).

Masa jabatan Khofifah dan Emil Dardak sebagai pasangan Kepala Daerah Provinsi Jatim telah selesai sejak 13 Februari 2024.

Pj Gubernur Jatim akan dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri Tito) Karnavian pada Jumat (16/2/2024).

Lantas, seperti apa sosok Ari Dwipayana yang akan menggantikan Khofifah Indar Parawansa memimpin Jatim?

Baca juga: Daftar Pj Gubernur yang Dilantik Jokowi Sepanjang 2022-2023


Profil calon Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono

Adhy Karyono masuk dalam daftar tiga nama calon Pj Gubernur Jatim yang diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur.

Selain Adhy, dikutip dari Kompas.com, Kamis (30/11/2023), ada nama Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI Prof Dr Adi Suryanto serta Irjen Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw.

"Ketiga nama ini akan diusulkan ke Kemendagri sebagai usulan dari DPRD Jatim," ungkap Wakil Ketua DPRD Jatim Achmad Iskandar dalam sidang paripurna DPRD Jatim, Kamis.

Sesuai aturan Permendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota, untuk calon Pj gubernur dari aparatur sipil negara (ASN) minimal berpangkat JPT Madya.

"Ketiga nama tersebut sudah memenuhi syarat sesuai aturan Permendagri," terangnya.

Dilansir dari laman Pemprov Jatim, Adhy Karyono sendiri dilantik menjadi Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur oleh Gubernur Khofifah pada 15 Juli 2022.

Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 79/TPA Tahun 2022 tertanggal 24 Juni 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pria kelahiran Cirebon pada 7 April 1971 ini memiliki karier yang cukup cemerlang di lingkungan Pemerintah Provinsi Jatim dan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Baca juga: Harta Kekayaan Nana Sudjana, Pj Gubernur Jateng yang Gantikan Ganjar Pranowo

Sepak terjang sebelum jadi Sekdaprov Jatim

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy KaryonoKOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Adhy Karyono
Sebelum menjabat sebagai Sekdaprov Jatim, Adhy beberapa kali menduduki sejumlah jabatan di Kemensos.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com