Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Daun Pakis Sayur untuk Kesehatan

Kompas.com - 07/02/2024, 16:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daun pakis sayur atau Diplazium esculentum merupakan tanaman jenis paku-pakuan yang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan.

Dikutip dari buku Green Smoothie ala Rita Ramayulis: 100 Resep 20 Khasiat (2015), tanaman pakis yang layak dikonsumsi memiliki tangkai bulat, tebal, berwarna hijau sebar, dan mudah dipatahkan. 

Sementara pakis dengan tangkai kaku, warna kuning kehijauan, bersirip kasar, dan daunnya mudah gugur, tidak layak dikonsumsi.

Daun pakis sayur memiliki kandungan klorofil dan senyawa fitokimia lain yang berperan sebagai antioksidan.

Selain itu, daun pakis sayur juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, erta vitamin A dan C.

Lantas, apa saja manfaat dari daun pakis sayur bagi kesehatan?

Baca juga: 11 Manfaat Daun Kucai, Atasi Kanker dan Diabetes


Manfaat daun pakis sayur

Daun pakis sayur bisa diolah menjadi sayur, rendang, gulai, makanan bersantan, maupun smoothie. Berikut sejumlah manfaat dari konsumsi daun pakis.

1. Jaga kekuatan tulang

Diberitakan dari Healthy Focus, daun pakis sayur mengandung senyawa berupa kalsium, fosfor, mangan, dan vitamin A. Kandungan tersebut membuat tanaman ini dapat dikonsumsi untuk melindungi tubuh dari degradasi gigi, jaringan, otot, dan tulang.

2. Kontrol tekanan darah

Kandungan kalium dalam pakirs sayur juga dapat mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Kondisi ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Karenanya, penderita hipertensi dianjurkan mengonsumsi sayur pakis.

Baca juga: 6 Khasiat Daun Salam untuk Kesehatan, Apa Saja?

Sayuran dari daun pakis sayur [Wikimedia/Malcolm Koo].Wikimedia/Malcolm Koo Sayuran dari daun pakis sayur [Wikimedia/Malcolm Koo].

3. Tingkatkan imun tubuh

Dilansir dari situs Kanal Pengetahuan Farmasi Universitas Gadjah Mada, pakis sayur mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun untuk memperkuat kekebalan tubuh. Pakis sayur juga bantu melawan radikal bebas penyebab penyakit.

4. Jaga berat badan

Diberitakan WebMD, pakis sayur rendah kalori, lemak, dan kolesterol.

Sebaliknya, tanaman ini kaya serat yang membuat perut kenyang lebih lama, sehingga dapat mengontrol berat badan dan cocok jadi menu diet.

Tanaman ini juga dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan usus dan menurunkan kolesterol jahat.

5. Kontrol gula darah

Tak hanya tekanan darah, kandungan serat, antioksidan, dan lemak sehat dalam pakis juga bantu mengontrol kadar gula darah. Ini membuat pakis sayur bermanfaat dalam pengobatan antidiabetes bagi penderita diabetes tipe 2.

6. Kesehatan jantung

Tekanan darah yang terkontrol akibat mengonsumsi pakis sayur juga akan memastikan kesehatan jantung. Kandungan kalium di dalam daun tersebut juga membantu otot jantung berdetak dengan irama seimbang.

Baca juga: 6 Khasiat Daun Talas untuk Kesehatan, Apa Saja?

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com