Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Baru Menikmati Teh Tanpa Menambahkan Gula, Ilmuwan Klaim Jauh Lebih Sehat

Kompas.com - 26/01/2024, 10:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum secangkir teh di pagi atau pun sore hari telah menjadi rutinitas harian untuk beberapa orang, terlebih para penikmat minuman berkafein ini.

Biasanya, mereka akan menikmati teh dengan menambahkan beberapa bahan untuk memperkuat cita rasanya, mulai dari krimer, sirup, gula, dan beberapa pemanis lainnya.

Meskipun bisa meningkatkan rasa dari teh dan menyamarkan rasa pahit dari kafein, namun bahan-bahan tersebut dapat meningkatkan jumlah kalori dari secangkir teh yang Anda konsumsi, dikutip dari Kompas.com (21/9/2023).

Adapun bila dikonsumsi secara berlebihan, pemanis buatan dapat meningkatkan risiko diabetes, jantung, serta obesitas.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, ada cara untuk menikmati minuman pahit ini dengan lebih sehat, tanpa tambahan gula.

Lantas, bagaimana membuat secangkir teh yang tidak pahit tanpa menambahkan gula?

Baca juga: 7 Manfaat Minum Teh bagi Usia Paruh Baya, Salah Satunya Menurunkan Risiko Pikun


Menambahkan garam ke dalam teh

Menambahkan garam ke dalam teh bisa membuat rasa teh lebih sempurna.Phanuwatnandee Menambahkan garam ke dalam teh bisa membuat rasa teh lebih sempurna.
Seorang ilmuwan mengeklaim telah menemukan rahasia secangkir teh sempurna yang awalnya dianggap tidak masuk akal oleh banyak orang Inggris, yakni dengan cara menambahkan garam.

Penelitian yang dilakukan oleh Professor Michelle Francl telah mengungkap bagaimana garam dapat membuat secangkir teh Anda menjadi lebih sempurna.

Selain itu, bahan tersebut juga telah disebutkan dalam manuskrip China abad ke-8 yang dianalisis oleh Prof Francl untuk menyempurnakan resepnya.

“Yang baru adalah pemahaman kita sebagai ahli kimia,” kata Francl dikutip dari BBC, Rabu (24/1/2024).

Ia menjelaskan, garam berperan sebagai penghambat reseptor yang membuat teh terasa pahit, terutama jika sudah direbus. Dengan menambahkan sejumput garam, ini dapat membantu Anda dalam melawan rasa pahit minuman tersebut.

Sehingga, para penikmat teh tak perlu lagi berperang melawan bahaya gula dan pemanis buatan lainnya saat harus menyeduh teh favoritnya.

"Ini tidak seperti menambahkan gula. Saya rasa orang-orang takut mereka bisa merasakan garamnya," ungkapnya.

Dia mendesak masyarakat Inggris, khususnya pencinta teh untuk berpikiran terbuka sebelum menilai penelitiannya dengan negatif.

Penelitannya tersebut juga telah ia dokumentasikan dalam buku barunya, Steeped: The Chemistry of Tea yang diterbitkan oleh Royal Society of Chemistry.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com