BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan FWD Insurance

5 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Kompas.com - 19/01/2024, 14:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kesehatan mental mencakup kesejahteraan emosional, psikologis, dan sosial seseorang.

Kondisi tersebut memengaruhi cara seseorang berpikir, merasakan, bertindak, serta membantu menentukan cara mereka menangani stres dan berhubungan dengan orang lain.

Kesehatan mental sangat penting di setiap tahap kehidupan, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa.

Menurut WHO, kesehatan mental adalah keadaan sejahtera mental yang memungkinkan seseorang mengatasi tekanan hidup, menyadari kemampuannya, belajar dan bekerja dengan baik, serta berkontribusi pada komunitasnya.

Baca juga: 10 Tanda Anda Mengalami Masalah Kesehatan Mental, Salah Satunya Peningkatan Sensitivitas

Kesehatan mental ditentukan oleh interaksi yang kompleks antara tekanan dan kerentanan individu, sosial, dan struktural.

Orang dengan masalah kesehatan mental lebih cenderung mengalami tingkat kesejahteraan mental yang lebih rendah, namun hal ini tidak selalu atau selalu terjadi.

Sebab kondisinya bisa dialami secara berbeda dari satu orang ke orang lain, dengan tingkat kesulitan dan tekanan, serta potensi hasil sosial dan klinis yang sangat berbeda.

Baca juga: 3 Dampak Cancel Culture terhadap Kesehatan Mental

Kebiasaan yang meningkatkan kesehatan mental

Ilustrasi tips menjaga kesehatan mental.iStockPhoto/recep-bg Ilustrasi tips menjaga kesehatan mental.

Dilansir dari laman Healthline, berikut adalah beberapa kebiasaan sederhana yang dapat meningkatkan kesehatan mental Anda:

1. Menjaga kualitas tidur

Kualitas tidur yang baik tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, namun juga berperan penting dalam kesehatan mental.

Tidur yang terganggu dapat menyebabkan gejala kesehatan mental, sebaliknya masalah kesehatan mental juga dapat menyebabkan kurang tidur.

Baca juga: Dampak Negatif Insomnia terhadap Kesehatan Mental

2. Kurangi bermain media sosial

Sering mengonsumsi informasi tentang kehidupan orang lain dapat menyebabkan Anda membandingkan diri dan menimbulkan rasa rendah diri. Ini meningkatkan perasaan cemas dan depresi.

Batasi bermain media sosial dan buatlah daftar aktivitas alternatif yang lebih bermanfaat untuk menggantikan sesi online yang biasa Anda lakukan.

Baca juga: 4 Gejala Utama Depresi pada Pria yang Sering Disepelekan

3. Berinteraksi sosial

Manusia adalah makhluk sosial, dan hubungan yang kuat dapat memberikan pengaruh positif pada kesehatan mental Anda dalam berbagai cara.

Agendakan beberapa kali untuk berkumpul bersama keluarga atau bertemu dengan teman.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com