Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Quaker Oats AS Tarik Puluhan Produk yang Diduga Terkontaminasi Salmonella

Kompas.com - 14/01/2024, 14:00 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perusahaan makanan Quaker Oats di Amerika Serikat (AS) mengumumkan sejumlah produknya berpotensi terkontaminasi bakteri Salmonella sejak 15 Desember 2023.

Quaker Oats dikenal sebagai produsen makanan seperti sereal, oatmeal, granola bar, sereal bar, dan protein bar yang umumnya dimakan saat sarapan.

Quaker Oats, anak perusahaan PepsiCo, awalnya menarik 43 produk pada Desember 2023. Namun, perusahaan menambahkan 24 produk lain yang ditarik dari pasar sejak 11 Januari 2024.

"Hingga saat ini, Quaker belum menerima laporan pasti mengenai penyakit terkait produk yang tercakup dalam penarikan ini," tulis Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dalam pengumuman resminya.

Sampai Januari 2024, Quaker Oats belum menjelaskan penyebab kontaminasi Salmonella mengenai produk mereka dan efek yang akan dialami konsumen.

Meski begitu, Quaker Oats mengimbau publik untuk memerhatikan produk yang dikonsumsinya serta menghubungi perusahaan tersebut untuk mendapatkan biaya penggantian.

Baca juga: Apa Itu Bakteri Salmonella, Bahaya dan Penyakit yang Ditimbulkan


Produk Quaker Oats diduga terkontaminasi Salmonella

Dikutip dari situs resmi FDA, Quaker Oats menarik sejumlah produk dari pasaran pada periode pertama, yakni 15 Desember 2023.

Produk-produk yang ditarik pada saat itu, antara lain terdiri dari granola bar, granola sereal, dan granola bar yang dijual di kotak paket bersama produk lainnya.

Kemudian, Quaker Oats kembali menarik produknya dari pasaran di periode kedua penarikan pada 11 Januari 2024.

Produk yang baru ditarik termasuk Quaker Chewy Granola Bars, Gatorade protein bar, Cap’n Crunch bar, Quaker Simply Granola Cereals, Gamesa Marias Cereal, dan sereal lainnya.

Namun, produk yang tidak ditarik antara lain Quaker Oats, Quaker Instant Oats, Quaker Grits, Quaker Oat Bran, Quaker Oat Flour, dan Quaker Rice Snacks.

Produk Quaker Oats yang ditarik di pasar dapat dicek daftar lengkapnya yang lebih spesifik melalui situs FDA atau dokumen berikut ini.

Selain itu, konsumen juga dapat mengecek nama merek, ukuran spesifik, nomor pelacakan, dan tanggal kedaluarsa dari produk Quaker Oats di situs resminya.

Daftar tersebut berisi lengkap dengan nama produk, rasa, gambar kemasan, serta tanggal kedaluarsa untuk menentukan apakah produk tertentu akan ditarik juga.

Publik juga dapat mengecek daftar produk Quaker Oats yang ditarik dengan cara memindai kode QR Smart Label pada kemasannya.

Baca juga: Infeksi Salmonella: Penyebab, Gejala, Pencegahan, dan Pengobatannya

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com