Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Ungkap Kucing Bisa Merasa Cemas Saat Ditinggal Pemiliknya

Kompas.com - 06/01/2024, 20:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kucing adalah makhluk yang sensitif dan sangat ingin dekat dengan pemiliknya meskipun mereka terlihat suka menyendiri.

Penelitian yang dilakukan Department of Animal and Rangeland Sciences, Oregon State University menemukan, sebanyak 13,5 persen kucing mengalami masalah emosional ketika ditinggal sendirian di rumah dalam waktu lama, dilansir Daily Telegraph.

Perilaku destruktif, seperti merusak sofa dengan mencakarnya adalah dilema kucing yang paling umum dilaporkan oleh 130 pemilik kucing dalam penelitian tersebut.

Kemudian, diikuti dengan vokalisasi berlebihan seperti mengeong dan buang air kecil yang tidak tepat.

Penelitian juga menemukan bahwa masalah yang timbul dari perpisahan lebih buruk terjadi di rumah yang tidak memiliki mainan kucing atau pemiliknya adalah laki-laki, serta ketika pemiliknya berusia di bawah 35 tahun.

Baca juga: 5 Jenis Kucing yang Dianggap Dapat Membawa Keberuntungan


Kucing terikat dengan manusia

Pakar perilaku kucing dan pemilik konsultan kucing What's Up Pussycat Regina Hall-Jones mengatakan penelitian tersebut membuktikan apa yang dia ketahui selama ini.

“Kucing sangat terikat dengan manusianya dan dapat menderita kecemasan akan perpisahan, yang dapat muncul dalam berbagai cara,” katanya.

“Meskipun kucing banyak tidur, mereka membutuhkan rangsangan fisik, mental, dan yang terbaik adalah memastikan mereka mendapatkan pengayaan lingkungan dan fisik dalam hidup mereka sehingga mereka bahagia,” sambungnya.

Kepala dokter hewan perilaku di Pet Behaviour Vet, Joanna McLachlan menyambut baik penelitian tersebut, namun ia mengatakan bahwa sebenarnya jumlah kucing yang mengalami kecemasan akan perpisahan mungkin lebih tinggi.

"Sejak diadopsi, pemilik harus secara bertahap membiasakan kucing mereka untuk menghabiskan waktu sendirian dalam waktu yang lebih lama," ujar Hall-Jones.

"Pemilik harus memastikan bahwa mereka ditinggalkan di lingkungan yang memiliki pergaulan yang positif, dengan banyak hal yang menyenangkan untuk dilakukan," sambungnya.

Perilaku kucing

Selain itu, ia memperingatkan perilaku destruktif di rumah juga bisa menjadi gejala adanya masalah pada otak kucing yang dapat diatasi dengan obat-obatan, feromon, dan suplemen yang diresepkan oleh dokter hewan.

“Terapi musik, mainan, dan gangguan makanan juga digunakan untuk membantu kucing merasa tenang,” ujarnya.

Pemilik kucing Krys Dempster dari Abbotsbury di barat daya Sydney mengatakan, kucing itu seperti manusia dan lebih mudah menjalin hubungan dengan manusia dibandingkan manusia lainnya.

“Kamu bisa tahu jika kita pergi selama seminggu, ketika kita kembali mereka berkata, 'kamu meninggalkanku di sini',” kata dia.

Dia mengatakan setiap kucingnya telah membentuk ikatan khusus dengan anggota keluarganya tertentu.

Baca juga: 5 Persamaan Kucing dengan Manusia, Termasuk Otak dan Kepribadian

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com