Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Slepetnomics yang Digagas Cak Imin, Dirancang Berdasarkan Filosofi Sarung

Kompas.com - 23/12/2023, 14:30 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengungkapkan dirinya akan memberlakukan “Slepetnomics” untuk ekonomi Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan oleh sosok yang kerap disapa Cak Imin ini saat debat cawapres yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, pada Jumat (22/12/2023) malam.

Ia menerangkan, Slepetnomics tersebut berdasarkan filosofi sarung yang menjadi simbol kesetaraan dan keadilan.

Sarung adalah simbol kesetaraan dan keadilan. Sarung itu lembut, tapi di tangan orang yang baik, bisa jadi slepet atas ketidakadilan dan kecurangan,” ujarnya.

Menurutnya, Slepetnomics menjadi solusi bagi ekonomi Indonesia ke depannya.

"Yang tidak ada dalam kebijakan ekonomi kita saat ini adalah keberanian untuk mewujudkan aturan main yang adil dan keberanian untuk berpihak kepada rakyat. Itulah kami menggagas Slepetnomics sebagai solusi ekonomi kita," kata dia.

"Segala ketidakadilan kita slepet,” tambahnya.

Baca juga: Cak Imin Ingin Bangun 40 Kota Setara Jakarta tapi Tolak IKN, Gibran: Aneh

Apa itu Slepetnomics?

Muhaimin menerangkan, Slepetnomics adalah gagasan ekonomi yang sudah diuji oleh pakar.

“Slepetnomics adalah gagasan ekonomi yang sudah diuji oleh para pakar dan berbasis pada pengalaman batin dan juga pengalaman rasa," terangnya.

Hal yang pertama yang seharusnya di-slepet olehnya adalah proyek yang menyedot banyak uang rakyat namun hanya memenuhi selera tertentu.

"Ke depan, proyek yang menyedot begitu banyak uang rakyat hanya untuk memenuhi selera tertentu, kita harus slepet, kita hadirkan perubahan berupa pemerataan dan pembangunan kota-kota dan desa-desa di seluruh Indonesia,” ucap Imin.

Selain itu, kecurangan pembuat aturan yang merangkap menjadi pemain bisnis juga akan di-slepet.

"Ke depan kecurangan pembuat aturan yang merangkap sekaligus pemain bisnis harus kita slepet. Kita bangun kesetaraan bagi semua pelaku usaha untuk maju bersama,” ujarnya.

Baca juga: Apa Itu SGIE yang Ditanyakan Gibran dan Bikin Bingung Cak Imin?

Dikerjakan dengan hati dan otak

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan gagasannya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyampaikan gagasannya saat debat calon wakil presiden Pemilu 2024 di JCC, Jakarta, Jumat (22/12/2023). Debat kedua Pemilu 2024 diikuti tiga cawapres yang mengangkat tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.
Dengan Slepetnomics, pihaknya memastikan pembangunan ekonomi Indonesia dikerjakan dengan menggunakan hati dan otak.

“Dengan Slepetnomics kita pastikan pembangunan ekonomi Indonesia dikerjakan pakai hati, pakai otak," jelasnya.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com