Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Efek Samping Talas, Ketahui Pemicunya

Kompas.com - 22/12/2023, 08:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Talas atau taro adalah tanaman umbi dengan kulit luar coklat dan daging berwarna putih berbintik-bintik ungu.

Memiliki tekstur mirip kentang dengan rasa agak manis, umbi talas mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Dilansir dari Healthline, umbi talas merupakan sumber serat sekaligus vitamin dan mineral, termasuk mangan, vitamin B6, vitamin E, kalium, vitamin C, tembaga, dan fosfor.

Meski tergolong sayuran bertepung dan kerap menjadi makanan pokok, talas baik untuk penderita diabetes dan orang yang ingin menurunkan berat badan.

Baca juga: 4 Efek Samping Kentang, Ketahui Orang yang Perlu Membatasinya!


Manfaat talas untuk gula darah dan berat badan

Talas terdiri dari dua jenis karbohidrat, yakni serat dan pati resisten yang membantu meningkatkan pengelolaan gula darah serta kesehatan usus.

Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna manusia, sehingga tidak berdampak pada peningkatan kadar gula darah.

Kandungan ini juga membantu memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat lain, serta mencegah lonjakan gula darah dalam jumlah besar setelah makan.

Serupa, pati resisten dalam talas tidak dapat dicerna manusia, yang berimbas baik pada kadar glukosa dalam darah.

Baca juga: 4 Efek Samping Jagung Muda alias Putren, Apa Saja?

Kombinasi pati resisten dan serat ini menjadikan umbi talas sebagai pilihan karbohidrat yang baik, terutama bagi penderita diabetes.

Dua kandungan karbohidrat dalam sayuran tepung ini turut mendukung proses penurunan berat badan.

Dengan sekitar 6,7 gram serat per 132 gramnya, talas membantu memperlambat pengosongan lambung, sehingga tubuh kenyang lebih lama.

Pati resisten pada umbi talas pun memiliki efek serupa. Sebab, menurut penelitian, asupan tinggi pati resisten berkaitan dengan total lemak tubuh dan perut yang lebih sedikit.

Baca juga: 4 Efek Samping Mengonsumsi Berlebihan Ubi Jalar bagi Tubuh

Efek samping makan talas

Ilustrasi talas. Terlepas dari manfaatnya, talas dapat membawa sejumlah efek samping jika dikonsumsi keliru atau oleh orang dengan kondisi tertentu.SHUTTERSTOCK / Poring Studio Ilustrasi talas. Terlepas dari manfaatnya, talas dapat membawa sejumlah efek samping jika dikonsumsi keliru atau oleh orang dengan kondisi tertentu.

Terlepas dari manfaatnya, talas ternyata dapat membawa sejumlah efek samping jika dikonsumsi secara keliru atau oleh orang dengan kondisi tertentu.

Berikut beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi talas atau taro:

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com