Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTuber AS Alami Luka Serius di Otak Saat Uji Tembak RPG

Kompas.com - 19/12/2023, 15:30 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang YouTuber dari Amerika Serikat (AS) bernama Adam Knowles mengalami luka serius di otak saat uji tembak rocket-propelled grenade (RPG).

Insiden nahas yang menimpa Adam Knowles itu terjadi pada November, ketika dirinya merekam video untuk kanal Youtube Ballistics High-Speed.

Dikutip dari Hindustan Times, Adam mengenang kejadian itu dan memperlihatkan cuplikan rekaman di saluran Youtube pada Minggu (17/12/2023).

Saat itu, Knowles yang merupakan pensiunan tentara tersebut menaruh RPG-7 di bahunya untuk menunjukkan apa yang akan terjadi pada kepala boneka balistik yang ada di belakangnya.

Namun, rencana itu gagal karena RPG-7 meledak saat ditembakkan dan melukai Knowles.

Berdasarkan temuan, Knowles dan temannya mengungkapkan bahwa peluncur tersebut meledak saat booster-nya terlepas dan tekanan keluar dari titik las yang lemah.

Baca juga: Jatuhkan Pesawat demi Konten, YouTuber Ini Terancam Penjara 20 Tahun

Seketika pingsan saat insiden

Rekaman mengerikan itu menunjukkan Knowles seperti dilalap api begitu dia menembakkan granat dari RPG-7.

Saat mengingat apa yang terjadi, dia mengungkapkan bahwa bagian dari peluncurnya meledak dan dia langsung tak sadarkan diri atau pingsan seketika.

Tak sampai di situ, helm pelindung dan kacamata yang ia kenakan juga terbang karena guncangan hebat.

Setelah itu, dalam cuplikan video, teman-temannya terlihat bergegas membantunya saat ia terbaring terluka di tengah kepulan asap.

Saat itu, darah keluar dari luka di pipinya dan lengannya hangus karena ledakan RPG.

Seseorang terdengar berteriak “Hubungi 911!” agar Knowles segera mendapatkan penanganan.

Knowles pun dilarikan ke rumah sakit terdekat dan berhasil diselamatkan dari insiden tersebut.

Baca juga: YouTuber Ditembak Saat Lakukan Prank, Warganet dan Juri Bela Pelaku

Luka yang diderita Knowles

Saat menonton rekaman insiden tersebut, Knowles tampak masih mengenakan perban di lengannya serta terkejut dan berseru, "Astaga!".

Dilansir dari NewYorkPost, kecelakaan itu menyebabkan tengkorak Knowles retak, pendarahan di otak, patah rahang, dan luka bakar setidaknya 10 persen dari tubuhnya.

Selain itu, Knowles juga menderita luka di wajah dan dada, serta beberapa pecahan peluru yang tertanam di tubuhnya dan kerusakan saraf jangka panjang.

Knowles telah menjalani sejumlah operasi dan menerima cangkok kulit untuk luka bakarnya sehingga ia diperkirakan harus membayar tagihan medis sebesar 300.000 dollar AS atau sekitar Rp 4,65 miliar.

Saat ini, Knowles mengatakan bahwa dia merasa jauh lebih baik tetapi jalan masih panjang untuk proses pemulihan sepenuhnya.

Baca juga: YouTuber Asal Spanyol Bunuh dan Mutilasi Temannya di Thailand, Apa Penyebabnya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com