Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Kurang Darah yang Bisa Terlihat pada Kulit

Kompas.com - 19/12/2023, 11:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Kurang darah (anemia) merupakan kondisi di mana jumlah sel darah merah atau konsentrasi hemoglobin di dalamnya lebih rendah dari biasanya.

Hemoglobin diperlukan untuk membawa oksigen. Ketika seseorang kekurangan hemoglobin, terjadi penurunan kapasitas darah untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh.

Tanpa oksigen yang cukup, penderita anemia sering merasa lelah atau kedinginan. Mereka juga bisa mengalami kondisi pucat atau ruam pada kulit.

Penyebab anemia yang paling umum adalah kekurangan nutrisi, zat besi, kekurangan folat, vitamin B12 dan A.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh hemoglobinopati dan penyakit menular seperti malaria, tuberkulosis, HIV dan infeksi parasit.

Baca juga: Waspada, Berikut 7 Penyebab Anemia yang Sering Disepelekan


Berikut adalah gejala umum kurang darah dapat terlihat pada kulit:

Kulit menjadi pucat

Dikutip dari laman Everyday Health, kulit pucat pada penderita anemia disebabkan oleh kurangnya hemoglobin pada sel darah merah.

Kondisi tersebut juga merupakan akibat dari kurangnya sel darah merah secara umum. Karena jumlah sel darah merah menjadi terbatas, tidak cukup mencapai permukaan kulit.

Darah kemudian dialihkan dari kulit untuk memasok organ vital, dan hal tersebut membuat kulit penderita anemia menjadi pucat.

Baca juga: Bisa Sebabkan Masalah pada Kehamilan, Ini 7 Cara Mencegah Anemia

Namun, kulit pucat belum tentu merupakan tanda anemia. Kecuali Anda mengalami kondisi tersebut bersama tanda-tanda lainnya,seperti pusing dan sering lelah.

Kondisi kulit yang pucat mungkin terjadi di seluruh tubuh atau hanya terbatas pada area-area tertentu.

Orang yang menderita kurang rendah mungkin akan merasakan gejala pucat pada kuku, telapak tangan, dan sekitar lapisan mata.

Baca juga: 7 Gejala Anemia yang Sering Tidak Disadari

Ruam pada kulit

Kondisi ruam pada kulit akibat kurang darah dikenal sebagai anemia rash (ruam anemia). Ini bisa disebabkan oleh anemia itu sendiri atau karena komplikasi pengobatan anemia.

Dilansir dari laman Healthline, ruam akibat kurang rendah memiliki gejala kulit gatal atau ruam yang tampak seperti titik-titik merah.

Tidak semua penderita kurang darah akan mengalami gejala ini. Ruam akibat kurang darah dapat timbul pada penderita anemia jenis tertentu.

Baca juga: 7 Buah yang Mengandung Zat Besi, Bantu Cegah Letih dan Pusing akibat Anemia

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com