Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Diabaikan, Kenali Penyebab Kebutaan pada Penderita Diabetes

Kompas.com - 17/12/2023, 12:30 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Kondisi tersebut diketahui dapat memberikan efek negatif terhadap penglihatan penderitanya.

Menurut WHO, diabetes adalah penyakit kronis yang terjadi ketika pankreas tidak memproduksi cukup insulin, hormon yang mengatur glukosa darah, atau tidak dapat menggunakannya secara efektif.

Glukosa (gula) umumnya berasal dari karbohidrat dalam makanan dan minuman yang Anda konsumsi, dan ini adalah sumber energi utama tubuh.

Baca juga: Mengandung 80 Persen Gula, Amankah Madu Dikonsumsi Penderita Diabetes?


Darah membawa glukosa ke seluruh sel tubuh untuk digunakan sebagai energi. Ketika glukosa berada dalam aliran darah, ia memerlukan bantuan untuk mencapai tujuan.

Untuk itu, ia memerlukan hormon insulin. Jika pankreas tidak menghasilkan cukup insulin atau tubuh tidak menggunakannya dengan benar, glukosa akan menumpuk di aliran darah.

Kondisi tersebut menyebabkan gula darah menjadi tinggi (hiperglikemia), yang merupakan risiko umum dari diabetes yang tidak terkontrol.

Seiring waktu, kadar glukosa darah yang tinggi secara konsisten dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kerusakan saraf, dan masalah mata.

Diketahui pada 2019, diabetes menjadi penyebab langsung dari 1,5 juta kematian. Sekitar 48 persen dari seluruh kematian akibat diabetes terjadi sebelum usia 70 tahun.

Baca juga: Efek Mengonsumsi Madu terhadap Gula Darah Berdasarkan Penelitian

Penyebab kebutaan pada penderita diabetes

Memahami efek gula darah tinggi pada wanita sangatlah penting agar bisa melakukan tindakan pencegahan yang tepat.Shutterstock/Proxima Studio Memahami efek gula darah tinggi pada wanita sangatlah penting agar bisa melakukan tindakan pencegahan yang tepat.

Diabetes dapat merusak kesehatan mata dari waktu ke waktu hingga berisiko mengakibatkan kurangnya penglihatan, bahkan kebutaan.

Gangguan kesehatan mata pada penderita diabetes dapat disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti retinopati diabetik, edema makula, katarak, dan glaukoma.

Semua gangguan kesehatan tersebut, jika tidak ditangani sejak dini, dapat menyebabkan kehilangan penglihatan. Salah satu yang perlu Anda waspadai adalah retinopati diabetik.

Mengutip laman Kementerian Kesehatan RI, Retinopati diabetik adalah salah satu bentuk komplikasi diabetes melitus. Di mana kadar gula yang sangat tinggi mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata.

Baca juga: 7 Tips Mencegah Retinopati Diabetik bagi Penderita Diabetes

Seiring waktu, terlalu banyak gula dalam darah dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah kecil yang memberi makan retina, sehingga memotong suplai darahnya.

Akibatnya, mata berusaha menumbuhkan pembuluh darah baru. Tapi pembuluh darah baru ini tidak berkembang dengan baik dan mudah bocor.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com