Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Barcelona Sediakan Tempat Peristirahatan Terakhir di Dalam Stadion Baru, Berapa Tarifnya?

Kompas.com - 09/11/2023, 14:30 WIB
Aditya Priyatna Darmawan,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Klub sepak bola Spanyol, FC Barcelona akan menyediakan tempat peristirahatan terahir di dalam stadion baru mereka bagi penggemar yang berminat.

Dikutip dari laman resmi klub, stadion yang saat ini sedang dibangun menawarkan ruang peringatan di mana abu para penggemarnya tersimpan di dalamnya.

Barcelona bekerja sama dengan Eternal Sports Memorial mengumumkan nantinya ruang yang bernama Memorial FC Barcelona hanya terletak beberapa meter dari lapangan.

Berada di area istimewa

Ruang peristirahatan terakhir atau kolumbarium berkapasitas 26.600 akan ditempatkan di “area istimewa” di dalam stadion, dengan guci ditempatkan di belakang mural besar.

Mural besar itu akan menyoroti momen-momen ikonik dari hampir 125 tahun sejarah klub. Selain itu, ada juga ruang bersama untuk abu, Ara Communitaria.

“FC Barcelona telah mewujudkan salah satu tujuan pembangunan kembali markas Blaugrana, yaitu untuk melibatkan para penggemar setianya dalam perjalanan sentimental sepanjang sejarah Klub,” tulis pernyataan klub.

“Barça mungkin mewakili kisah kesuksesan, namun juga merupakan kisah ketekunan, mengatasi kesulitan, dan ambisi, dengan para penggemar yang selalu memberikan dukungan mereka, berdiri bersama tim bahkan di masa-masa tersulit sekalipun,” imbuh pernyataan itu.

Selain itu, nantinya juga akan ada area seluas 180 meter persegi untuk menempatkan 9.000 plakat peringatan edisi terbatas bagi para penggemar yang masih hidup dan bisa bersanding dengan pemain Barcelona.

Baca juga: Mengenal Klub Bola Deportivo Palestino, Didirikan Imigran Palestina yang Lari dari Perang

Keistimewaan Memorial FC Barcelona

Kolumbarium di stadion baru Barcelona itu akan menjadi ruang terbuka dan hangat karena bahan dan tekstur yang digunakan dalam konstruksinya.

Ada empat kubus yang menyala dengan cahaya yang diproyeksikan sebagai metafora untuk kelangsungan hidup dan hubungan dengan markas Blaugrana, sebutan FC Barcelona.

Dengan demikian, ada ikatan emosional antara penggemar dan klub yang terjaga.

Sedangkan plakat peringatan akan ditempatkan di dinding kaca yang diterangi lampu LED.

Baca juga: Mengapa Pemain Sepak Bola Gandeng Anak-anak Sebelum Pertandingan?

Tarif Memorial FC Barcelona

Untuk para penggemar yang ingin menempatkan guci berisi abunya di kolumbarium dikenakan biaya antara sekitar 250 euro (sekitar Rp 4,2 juta) dan 6.000 euro (sekitar Rp 100 juta).

Tarif yang bervariasi itu tergantung dengan durasi alokasinya, sehingga tidak terus-menerus bisa berada di kolumbarium itu.

Sedangkan tarif Ara Comunitaria mencapai 1.500 euro (Rp 25 juta) dan plakat peringatan 300 euro (Rp 5 juta).

Baca juga: 15 Pemain Klub Sepak Bola Spanyol Tertinggal Penerbangan Gara-gara Kopi, Kok Bisa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com