Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan Kulit

Kompas.com - 06/11/2023, 07:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Air jeruk nipis adalah minuman segar yang terbuat dari kombinasi air dan perasan jeruk nipis.

Minuman herbal ini dikenal memiliki banyak manfaat karena merupakan sumber antioksidan yang sangat baik.

Itu adalah zat yang melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahan kimia yang merusak sel.

Jeruk nipis juga dikenal sebagai sumber yang baik untuk dan nutrisi seperti kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Alpukat bagi Kesehatan, Baik untuk Jantung, Mata, dan Pencernaan


Manfaat air jeruk nipis untuk kulit

Dikutip dari laman Medical News Today, air jeruk nipis bisa berperan dalam kesehatan kulit secara keseluruhan.

Jeruk nipis adalah sumber vitamin C yang sangat baik, di mana merupakan antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen.

Kolagen adalah senyawa yang berperan dalam mendukung kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Semangka, Baik untuk Kesehatan Mata dan Kulit

Dalam penelitian yang dimuat di jurnal Clinical, Cosmetic and Investigational Dermatology, minum air dalam jumlah lebih banyak (lebih dari 13 gelas per hari) mungkin memiliki efek positif pada hidrasi dan penampilan kulit.

Kemudian menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam air dapat membantu meningkatkan penampilan dan kesehatan kulit.

Meskipun para profesional medis pada umumnya memahami manfaat kesehatan dari jeruk nipis dan air, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mendukungnya.

Namun perlu diingat, tidak disarankan untuk mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit. Sebab, paparan sinar matahari dapat menyebabkan fitofotodermatitis, atau luka bakar akibat jeruk nipis yang menyakitkan.

Baca juga: Khasiat Air Jeruk Nipis untuk Mengontrol Gula Darah

Manfaat kesehatan lainnya dari air jeruk nipis

Selain baik untuk kesehatan kulit, mengonsumsi air jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, sebagaimana dikutip dari laman Healthline berikut ini:

  • Baik untuk pencernaan. Jeruk nipis bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis merangsang sekresi cairan pencernaan.
  • Melawan infeksi. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi seperti virus pilek dan flu.
  • Membantu penurunan berat badan. Asam sitrat dapat meningkatkan metabolisme, membantu Anda membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.
  • Menurunkan gula darah. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh Anda menyerap gula ke dalam aliran darah.
  • Mengurangi risiko penyakit jantung. Jeruk nipis adalah sumber magnesium dan potasium yang baik, yang meningkatkan kesehatan jantung.
  • Mencegah kanker. Minum air jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena kanker dan membantu Anda melawan penyakit tersebut.
  • Mengurangi peradangan. Vitamin C dapat mengurangi tingkat peradangan di tubuh Anda. Jeruk nipis juga dapat menurunkan kadar asam urat.

Selain menyehatkan, air jeruk nipis juga mudah disajikan. Dan untuk mendapatkan hasil terbaik, minumlah air jeruk nipis tanpa gula atau bahan tambahan lainnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com