Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khasiat Air Jeruk Nipis untuk Mengontrol Gula Darah

Kompas.com - 30/10/2023, 10:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Air jeruk nipis adalah minuman segar yang terbuat dari perasan jeruk nipis. Minuman herbal ini dikenal memiliki banyak manfaat.

Jeruk nipis adalah merupakan sumber antioksidan yang sangat baik, yakni zat yang melindungi tubuh dengan mencegah atau menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, atau bahan kimia yang merusak sel.

Buah ini juga juga merupakan sumber yang baik untuk dan nutrisi seperti kalium, kalsium, magnesium, serta vitamin A, B, C, dan D.

Salah satu manfaat mengonsumsi air jeruk nipis adalah untuk mengontrol gula darah, khususnya bagi penderita diabetes.

Baca juga: Plus Minus Mengonsumsi Air Jahe, Kenali Manfaat dan Risikonya


Manfaat konsumsi air jeruk nipis terhadap gula darah

Dikutip dari laman Healthline, sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, jeruk nipis dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah.

Hasilnya, jeruk nipis dapat membantu mencegah perubahan gula secara berlebihan sepanjang hari.

Baca juga: Khasiat Bawang Putih untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman Diabetic Health Clinic, jeruk nipis sangat baik untuk penderita diabetes karena mengandung serat larut.

Serat larut menstabilkan kadar glukosa darah dan memperlambat kapasitas tubuh untuk menyerap gula ke dalam aliran darah.

Serat juga membantu mengurangi tekanan darah dan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Peradangan pembuluh darah juga berkurang menangkal efek peradangan gula.

Baca juga: 3 Khasiat Utama Kurma dalam Mengontrol Gula Darah, Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes sering kali menyebabkan kerusakan pembuluh darah, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi. Serat larut dapat membantu mengurangi peradangan pembuluh darah.

Jeruk nipis mengandung bioflavonoid penting yang membantu memperkuat dinding kapiler dan mencegah memar dan pendarahan.

Bioflavonoid ini juga diketahui dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Baca juga: Kaya akan Nutrisi Penting, Berikut 7 Manfaat Buah Bluberi bagi Kesehatan

Manfaat kesehatan lainnya dari air jeruk nipis

Ilautrasi manfaat minum air jeruk nipis bagi kesehatan.iStockphoto/mediaphotos Ilautrasi manfaat minum air jeruk nipis bagi kesehatan.

Selain baik untuk mengontrol gula darah, mengonsumsi air jeruk nipis juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, sebagaimana dikutip dari laman Cleveland Clinic berikut ini:

  • Meningkatkan hidrasi. Menambahkan jeruk nipis ke dalam air dapat mendorong Anda meningkatkan konsumsi H2O.
  • Memperbaiki kulit. Kandungan vitamin C, selain mencerahkan kulit, juga merangsang produksi kolagen, yang secara alami mengencangkan dan mengencangkan kulit.
  • Baik untuk pencernaan. Kandungan asam di perut yang membantu memecah makanan cenderung menurun seiring bertambahnya usia, dan jeruk nipis bisa menambahnya.
  • Meningkatkan kekebalan. Vitamin C dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sel darah putih. Antioksidan jeruk nipis membantu melawan peradangan, yang memperkuat respons kekebalan tubuh.
  • Mendukung penurunan berat badan yang sehat. Jeruk nipis rendah kalori, tinggi mikronutrien, dan melebihi beratnya dalam hal kandungan air dan serat.
  • Meningkatkan penyerapan zat besi. Vitamin C dalam air jeruk nipis membantu tubuh Anda menyerap mineral tersebut dengan lebih baik.
  • Dapat mengurangi risiko kanker, batu ginjal, dan penyakit jantung. Vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada jeruk nipis juga diketahui dapat mengurangi stres pada jantung.

Selain menyehatkan, air jeruk nipis juga mudah disajikan. Dan untuk mendapatkan hasil terbaik, minumlah air jeruk nipis tanpa gula atau bahan tambahan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com