Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ular Kobra Bertelur Saat Musim Hujan, Ini Cara Menghadapinya jika Masuk Rumah

Kompas.com - 24/10/2023, 09:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat perlu mewaspadai keberadaan ular kobra (Naja) di rumah pada Oktober-Desember yang bertepatan dengan musim hujan.

Sebab, selain kobra dapat masuk rumah untuk mencari tempat tinggal, hewan melata ini bisa memanfaatkan tempat tinggal manusia sebagai lokasi bertelur.

Dosen Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Donan Satria Yudha membenarkan bahwa kobra memang bertelur pada Oktober-Desember.

Donan mengatakan, kobra termasuk jenis ular tropis. Setelah bertelur, anakan kobra akan keluar dari telurnya pada Desember-Februari.

"Sebenarnya ular memiliki waktu bereproduksi (kawin, bertelur dan menetas) yang berbeda-beda, tidak semua ular bereproduksi di bulan yang sama," ujar Donan kepada Kompas.com, Senin (16/10/2023).

"Tetapi ada juga beberapa jenis ular tropis seperti kobra yg umumnya kawin dan bertelur di bulan Oktober-Desember dan menetas di sekitar Desember-Februari," sambungnya.

Baca juga: Cara Mengecek Tanda Ular Masuk Rumah dan Mencegahnya Datang Kembali

Kenapa ular masuk rumah?

Donan menjelaskan faktor yang menyebabkan ular, termasuk kobra, masuk rumah ketika musim hujan.

Faktor pertama adalah sarang ular dewasa berpotensi basah atau digenangi air ketika musim hujan. Karena alasan itulah hewan melata tersebut akan mencari rumah sebagai sarangnya yang baru.

Selain itu, musim hujan yang menjadi waktu bagi telur menetas membuat anak ular mencari tempat yang lembap dan gelap namun tidak basah. Kondisi ini dapat ditemukan oleh anak ular di dalam rumah manusia.

"Di musim hujan, hewan pengerat yang merupakan mangsa atau pakan favorit ular dewasa akan pindah ke hunian manusia karena sarangnya tergenang air," jelas Donan.

"Sehingga mangsa tersebut akan dideteksi dan diburu oleh ular dewasa hingga ke hunian manusia," jelasnya.

Baca juga: Musim Hujan Tiba, Berikut Penyebab dan Cara Mencegah Ular Masuk Rumah

Cara menghadapi kobra masuk rumah

Mengingat kobra merupakan ular berbisa tinggi, penghuni rumah perlu mengetahui cara yang benar menghadapi ular ini jika mereka telanjur masuk rumah.

Menurut Igor selaku anggota Komunitas Taman Belajar Ular Indonesia, kobra yang masuk rumah sebaiknya tidak dibunuh secara sembarangan.

Bila penghuni rumah menghancurkan kepala kobra agar ular ini terbunuh, hal ini berisiko membuat bisanya menyebar.

"Kita khawatirkan bisanya itu ke mana-mana, pecahannya itu," ujar Igor dikutip dari Kompas.com, Kamis (15/12/2022).

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com