Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Ini Alasan Kenapa Orang Suka Menonton Video Pencet Jerawat

Kompas.com - 18/10/2023, 08:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video orang yang memencet jerawat dan komedo banyak beredar di media sosial.

Video yang memperlihatkan saat orang memencet jerawat atau mengeluarkan komedo seharusnya membuat penonton jijik. Namun ternyata video tersebut banyak ditonton orang dan disukai. 

Terbukti konten-konten tentang memencet jerawat atau komedo banyak sekali penontonnya, hingga jutaan viewers. 

Lalu, apa penyebab orang suka menonton video pencet jerawat dan komedo tersebut?

Baca juga: Mengapa Kreator Konten Mukbang Tidak Gendut padahal Sering Makan Banyak?


Orang tertarik pada hal menjijikkan

Psikolog di Universitas Saint Joseph, AS Alexander Skolnick mengungkapkan orang-orang menyukai video pencet jerawat karena menikmati perasaan jijik ketika menontonnya.

“Orang sering kali tertarik pada hal-hal yang mengganggu mereka,” kata Alexander, diberitakan Quartz (5/6/2017).

Rasa jijik merupakan perasaan yang dimiliki makhluk hidup sejak zaman purba sebagai cara untuk membuat bertetap hidup. Kebalikannya adalah rasa ingin tahu. 

Menurut dia, semakin banyak orang yang merasa jijik saat menonton sesuatu maka rasa ingin tahu mereka terhadap hal tersebut semakin berkurang.

Meski begitu, ini tidak berlaku pada video yang menjijikkan. Penonton bisa mengontrol akan menonton video pencet jerawat atau tidak.

Mereka bisa terus-terusan menonton video tersebut karena penasaran dan tidak membuang muka atau sengaja mematikannya agar tidak melewatkan sesuatu di tontonan tersebut.

Ilustrasi komedo, penyebab komedo, skincare penghilang komedo. Salah satu manfaat bawang putih untuk wajah adalah menggunakannya untuk mengurangi kemunculan komedo. Cara menghilangkan komedo lainnya juga bisa menggunakan krim retinol secara rutin. Shutterstock/ThamKC Ilustrasi komedo, penyebab komedo, skincare penghilang komedo. Salah satu manfaat bawang putih untuk wajah adalah menggunakannya untuk mengurangi kemunculan komedo. Cara menghilangkan komedo lainnya juga bisa menggunakan krim retinol secara rutin.

Baca juga: Kerap Terjadi, Bisakah Orang yang Mengambil Foto atau Video Tanpa Izin Dipidana?

Membuat tubuh merasa nyaman

Sementara itu, Roseann Capanna-Hodge seorang psikolog dan pakar kesehatan mental memiliki penjelasan yang berbeda.

Menurutnya, mengorek kulit dapat melepaskan dopamin, sebuah hormon yang membuat orang merasa nyaman.

Ketika orang-orang menonton video pencet jerawat dan komedo yang dilakukan orang lain, hal ini mendatangkan kepuasan bagi mereka.

“Orang-orang terpesona dengan kesusahan atau kesulitan orang lain, dan betapapun menjijikkannya munculnya jerawat, mereka mendapatkan lonjakan dopamin setiap kali melihat intensitas masalah orang lain,” kata Roseann dikutip dari Popsugar (17/5/2023).

“Menonton video yang memunculkan jerawat dapat merangsang berbagai emosi dan sensasi pada seseorang, termasuk gairah, kecintaan terhadap hal-hal aneh, rasa jijik, dan rasa malu," lanjut dia.

Sayangnya, dokter kulit melarang jerawat dipencet karena berpotensi berbekas jerawat ), beberapa orang merasa bersalah saat mereka memencetnya sendiri di rumah.

Ketika mereka melihat orang lain memencet jerawat mereka, perasaan orang-orang yang menontonnya akan menjadi lebih baik. 

Baca juga: Bocah 4 Tahun Lompat dari Lantai 26 Pakai Payung Setelah Menonton Kartun Tom and Jerry

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com